PELATIHAN IMPLEMENTASI PEMBELAJARAN IPA BERBASIS PENDEKATAN STEM-PROJECT BASED LEARNING MODEL

Penulis

  • Purnama Ningsih Program Studi Pendidikan Kimia, FKIP, Universitas Tadulako, Indonesia
  • Amiruddin Kade Program Studi Pendidikan Fisika, Universitas Tadulako, Indonesia
  • Masrianih Masrianih Program Studi Pendidikan Biologi, Universitas Tadulako, Indonesia

Kata Kunci:

STEM, project based learning, literasi sains

Abstrak

Berdasarkan hasil observasi pada guru-guru IPA ditemukan kesulitan dalam pembelajaran di sekolah. Hal ini disebabkan karena pada umumnya proses pembelajarannya tidak kontekstual. Pada proses pembelajaran, pendidik kurang mengajak peserta didik untuk mengamati fenomena yang terjadi disekitarnya dan tidak menyajikan fakta-fakta yang dekat dengan kehidupan peserta didik. Pembelajaran yang ada kurang memberikan keterkaitan baik pada diri peserta didik itu sendiri atau lingkungan sekitarnya, dan tak jarang pendidik kurang mengajak peserta didik untuk turut berpartisipasi dalam proses pembelajaran. Sehingga peserta didik tidak dapat membangun pemikirannya sendiri. Yang terjadi peserta didik hanya menghafal, tanpa memahami proses sains yang menjadi tujuan pembelajaran. Salah satu usaha untuk mengatasi hal diatas, tim pengabdi melakukan pelatihan kepada guru IPA yang tergabung dalam MGMP IPA Terpadu Ganesha di Kecamatan Parigi Kabupaten Parigi Moutong Provinsi Sulawesi Tengah dengan topik implementasi pembelajaran IPA dengan pendekatan STEM yang dirangkaikan dengan model pembelajaran berbasis project untuk meningkatkan literasi.

Unduhan

Diterbitkan

2022-11-03

Cara Mengutip

Ningsih, P., Kade, A., & Masrianih, M. (2022). PELATIHAN IMPLEMENTASI PEMBELAJARAN IPA BERBASIS PENDEKATAN STEM-PROJECT BASED LEARNING MODEL. Science Dissemination: Jurnal Pengabdian Pendidikan MIPA, 1(1), 14–17. Diambil dari https://jurnal.fkip.untad.ac.id/index.php/jppmt/article/view/2949

Terbitan

Bagian

Articles

Kategori