PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN VAN HIELE UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA PADA MATERI KELILING DAN LUAS SEGITIGA DI KELAS VIIC MTS ALKHAIRAAT TONDO

Authors

  • Nurul Hidayah
  • Sukayasa Universitas Tadulako
  • M. Nur Yadil Universitas Tadulako

Abstract

Abstrak: Penelitian ini bertujuan untuk memperoleh deskripsi tentang penerapan model pembelajaran Van Hiele yang dapat meningkatkan hasil belajar siswa pada materi keliling dan luas segitiga di kelas  MTs Al-khairaat Tondo. Rancangan penelitian ini mengacu pada desain penelitian Kemmis dan Mc Taggart yang terdiri atas empat komponen setiap siklusnya, yaitu perencanaan, tindakan, pengamatan dan refleksi. Penelitian ini dilaksanakan dalam dua siklus. Hasil penelitian menunjukkan bahwa melalui penerapan model pembelajaran Van Hiele yang dapat meningkatkan hasil belajar siswa, dengan mengikuti langkah-langkah, yaitu (1) fase informasi, (2) fase orientasi terarah, (3) fase penjelasan/uraian, (4) fase orientasi bebas, dan (5) fase integrasi.

Kata Kunci: Pembelajaran Van Hiele, hasil belajar, keliling dan luas segitiga

Abstract: The purpose of this study is to obtain a description of the application of Van Hiele learning model that can improve student learning outcomes on mobile materials and triangle area in class  MTs Al-khairaat Tondo. The design of this study refers to the design of Kemmis and Mc Taggart research which consists of four components each cycle, namely planning, action, observation and reflection. This study was conducted in two cycles. The results showed that through the application of Van Hiele learning model that can improve student learning outcomes, by following the steps, namely (1) the phase of information, (2) the orientation phase, (3) explanation/description phase, (4) free orientation phase, and (5) integration phase..

Keywords: Van Hiele Learning, learning outcomes, circumference and area of triangle

Downloads

Published

2018-12-23

How to Cite

Nurul Hidayah, Sukayasa, & M. Nur Yadil. (2018). PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN VAN HIELE UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA PADA MATERI KELILING DAN LUAS SEGITIGA DI KELAS VIIC MTS ALKHAIRAAT TONDO. Jurnal Elektronik Pendidikan Matematika Tadulako, 6(2), 204–217. Retrieved from https://jurnal.fkip.untad.ac.id/index.php/jpmt/article/view/415

Issue

Section

Articles

Most read articles by the same author(s)

1 2 3 4 > >>