ANALISIS KESALAHAN SISWA DALAM MENYELESAIKAN SOAL CERITA OPERASI HITUNG PECAHAN DI KELAS VII SMP NEGERI 18 PALU

Authors

  • I Wayan Purwa Guna Adnyana
  • Sudarman Bennu Universitas Tadulako
  • Sukayasa Universitas Tadulako

Abstract

Abstrak : Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan jenis-jenis kesalahan yang dilakukan siswa kelas VII SMP Negeri  18 Palu dalam menyelesaikan soal cerita materi operasi hitung pecahan. Jenis penelitian ini adalah penelitian kualitatif. Subjek penelitian ini adalah 2 siswa yang diambil dari 22  siswa kelas VII D. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kesalahan-kesalahan siswa yaitu kesalahan konseptual dan kesalahan prosedural. Kesalahan konseptual yang dilakukan siswa meliputi (1) memahami soal yang di tunjukkan oleh jawaban siswa dalam menuliskan informasi yang diketahui dan yang ditanyakan tidak lengkap, (2) menyamakan penyebut yang disebabkan karena siswa telah menyamakan penyebut namun tidak mengubah pembilangnya, (3) mengubah pecahan campuran menjadi pecahan biasa yang menyebabkan pecahan menjadi tak senilai, dan  (4) prinsip karena siswa tidak paham dalam  menerapkan prinsip atau aturan operasi pada pecahan. Sedangkan kesalahan  prosedural yang dilakukan siswa meliputi: (1) prosedur tidak lengkap karena siswa menyelesaikan soal tidak sesuai dengan prosedur penyelesaian soal cerita, (2) prosedur tidak tepat karena pengerjaan siswa secara sembarang. (3) operasi hitung karena siswa salah dalam menentukan hasil operasi.

Kata kunci: Analisis Kesalahan, konseptual, prosedural, soal cerita operasi penjumlahan,    pengurangan perkalian dan pembagian pecahan.

Abstract : The purpose of this study is describe the types of errors made by grade VII students of SMP Negeri 18 palu in solving story problems fractiont count operation material. This type of research is qualitative research. The subjects of this study were 2 sudents taken from 22 class students VIID.  The results of the study show that students mistakes consists of conceptual error and procedural error. Conceptual errors made by students include (1) understand the questions shown by srudents’ answers  in writing down known information andthe question is incomplete, (2) equate the denominator caused by students have equated the denominator but it doesn’t change the numerator, (3) turning mixed fractions into ordinary fractions which couses fractions to be worthless, and (4) principle  because students do not understand in applying the principle or rules of operation on fractions. While procedural errors made by students include : (1) incomplete procedural becaus students solve problems not in accordance with procedures for solving story problems, (2) the prosedure is not right because of the arbitrary workmanship of students, (3) count operation because students are wrong in determining the results of surgery.

Keywords : Error analysis,  conceptual, procedural, story about addition operations, reduction, multipication and fraction division.

Downloads

Published

2019-06-23

How to Cite

I Wayan Purwa Guna Adnyana, Sudarman Bennu, & Sukayasa. (2019). ANALISIS KESALAHAN SISWA DALAM MENYELESAIKAN SOAL CERITA OPERASI HITUNG PECAHAN DI KELAS VII SMP NEGERI 18 PALU. Jurnal Elektronik Pendidikan Matematika Tadulako, 6(4), 493–506. Retrieved from https://jurnal.fkip.untad.ac.id/index.php/jpmt/article/view/441

Issue

Section

Articles

Most read articles by the same author(s)

1 2 3 4 5 6 > >>