PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN QUANTUM TEACHING UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA PADA MATERI PERBANDINGAN DI KELAS VII SMP NEGERI 9 PALU

Authors

  • Destria Pitaloka Pertiwi
  • Gandung Sugita
  • Sukayasa

Abstract

Abstrak: Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan tentang penerapan model pem­belajaran Quantum Teaching yang dapat meningkatkan hasil belajar siswa pada materi perbandingan di Kelas VII SMP Negeri 9 Palu. Penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang mengacu pada desain penelitian Kemmis dan Mc. Taggart, yakni perencanaan, tindakan dan observasi, serta refleksi. Penelitian ini dilaksanakan dalam dua siklus. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas VII SMP Negeri 9 Palu yang terdaftar pada tahun ajaran 2014/2015 dengan jumlah 32 siswa dan dipilih empat siswa sebagai informan. Kriteria keberhasilan tindakan pada penelitian ini yaitu: (1) setiap aspek pada lembar observasi aktivitas peneliti minimal berkategori baik,
(2) setiap aspek pada lembar observasi aktivitas siswa minimal berkategori baik, (3) lebih dari 24 siswa minimal berkategori baik untuk setiap aspek sikap pada lembar penilaian sikap,
(4) siswa dapat menyelesaikan soal perbandingan untuk siklus I, dan (5) siswa dapat menyelesai-kan soal perbandingan senilai dan perbandingan berbalik nilai untuk siklus II. Hasil penelitian menunjukkan bahwa melalui penerapan model pembelajaran Quantum Teaching, hasil belajar siswa meningkat, dengan mengikuti fase-fase model pembelajaran Quantum Teaching sebagai berikut: (1) tumbuhkan, (2) alami, (3) namai, (4) demonstrasikan, (5) ulangi, dan (6) rayakan. Pada langkah 1 peneliti memberikan motivasi belajar melalui bahan tayang; pada langkah 2 siswa mengerjakan LKS terstruktur bersama kelompoknya untuk menemukan konsep perbandingan; pada langkah 3 peneliti mengarahkan pengetahuan siswa tentang konsep perbandingan melalui diskusi kelas; pada langkah 4 peneliti memberikan latihan soal dilanjutkan dengan presentasi kelas; pada langkah 5 siswa menyampaikan kembali konsep yang telah diperolehnya saat pembelajaran; dan pada langkah 6 peneliti memberikan penghargaan kelompok.

 

Kata kunci: Quantum Teaching, hasil belajar, perbandingan

 

Abstract: This research aims to describe about applying Quantum Teaching to increase learning outcomes of students in Class VII SMP Negeri 9 Palu in comparison material. This research is a classroom action research which refers to Kemmis and Mc.Taggart research design that including is planning, doing and observation, and reflection. This research was conducted in two cycles. Subject of research is students of Class VII SMP Negeri 9 Palu enrolled in the academic year 2014/2015 the number of 32 students and four students selected as informants. Criteria for the success of the actions in this research are: (1) every aspect of the researcher activity observation sheet minimal on good category, (2) every aspect of the student activity observation sheet minimal on good category, (3) more than 24 students are minimal in good category for every aspect of attitude on the attitude assessment sheet, (4) students can solve problems comparisons for the first cycle, and (5) students can solve problems worth ratio and turns ratio value for the second cycle. The result of this research indicates that applying Quantum Teaching which can increase student’s learning outcomes according to phase of Quantum Teaching, they are: (1) grow Up, (2) experience, (3) named, (4) demonstration, (5) review, and (6) celebrate. At the 1st  step researcher provide learning motivation by aired material, at the 2nd step students do structured students worksheet to find comparison concept in their  group discussion, at the 3rd step researcher aim student’s knowledge in class discussion, at the4th step researcher give exercises and followed class presentation, at the 5th step students reconvey comparison concept that has been studied, and at the 6th step researcher give the group rewards.

 

Keyword: Quantum Teaching, learning outcomes, comparison

Downloads

Published

2015-09-22

How to Cite

Destria Pitaloka Pertiwi, Gandung Sugita, & Sukayasa. (2015). PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN QUANTUM TEACHING UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA PADA MATERI PERBANDINGAN DI KELAS VII SMP NEGERI 9 PALU. Jurnal Elektronik Pendidikan Matematika Tadulako, 3(1), 1–13. Retrieved from https://jurnal.fkip.untad.ac.id/index.php/jpmt/article/view/264

Issue

Section

Articles

Most read articles by the same author(s)

1 2 3 4 5 6 7 > >>