MENEMUKAN LUAS PERMUKAAN PRISMA MENGGUNAKAN MODEL PEMBELAJARAN PENEMUAN TERBIMBING

Authors

  • Intan Faramita Barakati
  • Anggraini Universitas Tadulako
  • Sutji Rochaminah

Abstract

Abstrak:Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan tentang aktivitas pelaksanaan model pembelajaran penemuan terbimbinguntuk meningkatkan kemampuan siswa kelas VIII C SMP Negeri 11 Palu yang berlangsung dalam 2 siklus. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pembelajaran dengan menerapkan model pembelajaran penemuan terbimbing dapat meningkatkan kemampuan siswa kelas VIII C SMP Negeri 11 Palu dalam menemukan luas permukaan prisma dari siklus I ke siklus II dengan enam tahap yaitu : 1) stimulasi,2) perumusan masalah,3) pengumpulan data, 4) pemrosesan data, 5) verifikasi dan  6)generalisasi. Berdasarkan indikator keberhasilannya, guru telah dapat menimbulkan ketertarikan siswa untuk menemukan luas permukaan prisma, dapat mengajukan pertanyaan yang membuat siswa membangun sendiri pengetahuannya berdasarkan teori konstruktivisme, guru juga dapat membimbing siswa tanpa langsung memberikan generalisasi. Selain itu, siswa juga telah mencapai indikator keberhasilannya yaitu siswa sudah saling membantu untuk menemukan luas permukaan prisma pada LKS. Selain itu, siswa sudah mampu menemukan sendiri rumus luas permukaan prisma. Secara keseluruhan proses pembelajaran dengan menggunakan model penemuan terbimbing dapat mengaktifkan siswa serta membangun cara berpikirnya sendiri.

 

Kata kunci: Model Pembelajaran Penemuan Terbimbing; Kemampuan Menemukan Luas

Permukaan Prisma

 

Abstract:This study aims to describe about the implementation activity of guided discovery learning model to improve the ability of students of class VIII C SMP Negeri 11 Palu that lasted in 2 cycles. The results showed that learning by applying guided discovery learning model can improve students' ability of class VIII C SMP Negeri 11 Palu in finding the surface area of ​​prism from cycle I to cycle II with six stage is: 1) stimulation, 2) problem statement, 3) data collection, 4) data processing 5) verification,and 6) generalization. Based on the indicators of success, teacher have been able to generate students interest to find the surface area of the prism, can ask questions that make students build their own knowledge based on constructivism theory, teacher can also guide students without directly giving generalization. In addition, students have also achieved the success indicator that students have helped each other to find the surface area of the prism on the LKS. In addition, students have been able to find their own surface prism surface area. Overall learning process by using guided discovery model can activate students and build their own way of thinking.

Keywords: guided discovery learning model; ability to find the surface area of ​​the prism

Downloads

Published

2018-12-23

How to Cite

Intan Faramita Barakati, Anggraini, & Sutji Rochaminah. (2018). MENEMUKAN LUAS PERMUKAAN PRISMA MENGGUNAKAN MODEL PEMBELAJARAN PENEMUAN TERBIMBING. Jurnal Elektronik Pendidikan Matematika Tadulako, 6(2), 166–176. Retrieved from https://jurnal.fkip.untad.ac.id/index.php/jpmt/article/view/412

Issue

Section

Articles

Most read articles by the same author(s)

1 2 3 4 5 6 7 > >>