PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE STAD UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA PADA MATERI IRISAN DAN GABUNGAN HIMPUNAN DI KELAS VIIA MTs ALKHAIRAAT TONDO

Authors

  • Indah Hapsari
  • I Nyoman Murdiana Universitas Tadulako
  • Marinus Barra Tandiayuk Universitas Tadulako

Abstract

Abstrak: Tujuan Penelitian ini adalah untuk memperoleh deskripsi penerapan model pembelajaran kooperatif tipe STAD yang dapat meningkatkan hasil belajar siswa pada materi irisan dan gabungan himpunan siswa kelas VIIA MTs Alkhairaat Tondo. Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas. Desain penelitian yang mengacu pada model Kemmis dan MC. Tanggart yaitu perencanaan, pelaksanaan tindakan, observasi dan refleksi. Subjek pada penelitian ini adalah siswa kelas VIIA MTs Alkhairaat Tondo. Jenis data yang di gunakan adalah data kualitatif dan data kuantitatif dengan teknik pengumpulan data yaitu tes, wawancara, observasi, catatan lapangan. Penelitian ini di lakukan dalam dua siklus. Hasil penelitian menunjukan bahwa penggunaan model pembelajaran kooperatif tipe STAD dapat meningkatkan hasil belajar siswa pada materi irisan dan gabungan himpunan di kelas VIIA MTs Alkhairaat Tondo mengikuti tahap-tahap yaitu (1) penyajian kelas, (2) belajar kelompok, (3) tes, (4) skor peningkatan individu, (5) penghargaan kelompok.

Kata kunci: model pembelajaran kooperatif tipe STAD, hasil belajar, irisan dan gabungan

himpunan.

Abstrack:  The objective of this research was to describe the application of cooperative learning model in type STAD to improve the learning outcomes of class VIIA studets MTs Alkhairaat Tondo in sliced and combined sets. In this case, the researcher applied Class Action Research (CAR). The research design referred to Kemmis and Mc. Taggart model which covered plainning, taking action, observation and reflection. The subjects of the study were VIIA grade students of MTs Alkhairaat Tondo. Tipe of data uses qualitative and quantitative data withing collecting data thorough test, interview,observation, written documents. This research was divided in two cycles. The results showed that the yuse STAD cooperative learning model can in prove students learning of autcomes in slices and combined sets of class VIIA at MTs Alkhairaat Tondo whinch following these steps: (1) presentation of class, (2) study group, (3) test, (4) individual increases scores, (5) group awards.

 

Keyword: Cooperative Learning Tipe STAD, Learning Outcomes In Slinced and Combined Sets.

Downloads

Published

2018-12-23

How to Cite

Indah Hapsari, I Nyoman Murdiana, & Marinus Barra Tandiayuk. (2018). PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE STAD UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA PADA MATERI IRISAN DAN GABUNGAN HIMPUNAN DI KELAS VIIA MTs ALKHAIRAAT TONDO. Jurnal Elektronik Pendidikan Matematika Tadulako, 6(2), 146–155. Retrieved from https://jurnal.fkip.untad.ac.id/index.php/jpmt/article/view/410

Issue

Section

Articles

Most read articles by the same author(s)

1 2 3 4 5 > >>