PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE NHT UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA KELAS VIII SMP NEGERI 15 PALU PADA MATERI PENJUMLAHAN DAN PENGURANGAN PECAHAN BENTUK ALJABAR

Authors

  • Eliswatus Solekhah
  • I Nyoman Murdiana

Abstract

Abstrak: Tujuan penelitian ini yaitu mendeskripsikan penerapan model pembelajaran kooperatif tipe Numbered Head Together (NHT) untuk me­ningkatkan hasil belajar siswa kelas VIII SMP Negeri 15 Palu pada materi penjumlahan dan pengurangan pecahan bentuk aljabar. Desain penelitian ini mengacu pada model penelitian tindakan kelas (PTK) yang dikembangkan oleh Kemmis dan Mc Taggart, yakni  (1) perencanaan, (2) pelaksanaan tindakan, (3) observasi, dan (4) refleksi. Subyek penelitian ini adalah siswa kelas VIII SMP Negeri 15 Palu yang ber­jumlah 35 orang siswa. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan model pembelajaran kooperatif tipe NHT dapat me­ningkatkan hasil belajar siswa melalui fase menyampaikan tujuan dan me­motivasi siswa, fase menyajikan informasi, fase penomoran, fase mengajukan pertanya­an, fase berpikir bersama, fase menjawab (evaluasi), dan fase mem­berikan penghargaan.

Kata Kunci: model pembelajaran kooperatif tipe Numbered Heads Together, hasil belajar, penjumlahan dan pengurangan pecahan bentuk aljabar.

 

Abstract: The aim of this research was to obtain the description of applying the cooperative learning model type numbered heads together (NHT) to improve students learning outcomes in class VIII SMP Negeri 15 Palu on material of addition and subtraction of fractions algebraic form. This research design refers to the model of classroom action research (CAR) developed by Kemmis and Mc. Taggart. namely (1) planning, (2) action, (3) observation, and (4) reflection. This research subject were students of class VIII SMP Negeri 15 Palu as 35 students. The research results showed that the applying the cooperative learning model type NHT to improve students learning outcomes through phase presents the objectives and motivate students, phase presenting information, phase numbering, phase of asking questions, phase think together, phase said (evaluation) and phase rewards.

Keywords: cooperative learning model type Numbered Heads Together, learning outcomes, addition and subtraction of fractions algebraic form.

Downloads

Published

2015-03-18

How to Cite

Eliswatus Solekhah, & I Nyoman Murdiana. (2015). PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE NHT UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA KELAS VIII SMP NEGERI 15 PALU PADA MATERI PENJUMLAHAN DAN PENGURANGAN PECAHAN BENTUK ALJABAR. Jurnal Elektronik Pendidikan Matematika Tadulako, 2(3), 249–260. Retrieved from https://jurnal.fkip.untad.ac.id/index.php/jpmt/article/view/247

Issue

Section

Articles

Most read articles by the same author(s)

1 2 3 4 > >>