PROFIL PROSES BERPIKIR SISWA BERKEMAMPUAN MATEMATIKA TINGGI DALAM MENYELESAIKAN SOAL CERITA KELILING DAN LUAS PERSEGI PANJANG DITINJAU DARI PERBEDAAN GENDER DI SMP NEGERI 15 PALU

Authors

  • Tri Endrawati Universitas Tadulako
  • Sukayasa Universitas Tadulako
  • Bakri Mallo Universitas Tadulako

Abstract

Abstrak: Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan profil proses berpikir siswa berkemampuan matematika tinggi dalam menyelesaikan soal cerita keliling dan luas persegi panjang ditinjau dari perbedaan gender di SMP Negeri 15 Palu. Jenis penelitian ini adalah penelitian kualitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa subjek laki-laki dan perempuan berkemampuan matematika tinggi dalam memahami masalah, melaksanakan rencana penyelesaian  masalah dan memeriksa kembali jawaban melakukan proses berpikir asimilasi, sedangkan dalam menyusun rencana penyelesaian masalah melakukan proses berpikir asimilasi dan akomodasi.

Kata kunci:              profil proses berpikir, penyelesaian masalah, keliling dan luas persegi panjang, gender.

Abstrack:  This research aim to describe the thinking  process of students with high mathematics skill in solving perimeter and area of rectangle problem based on gender differences in SMP Negeri 15 Palu. This is a qualitative research. The result shows  that subjects with high  mathematics skill male and female in understanding the problem, doing the problem solving plan and rechecking the answer by assimilation thinking process, while making problem  solving plan by both assimilation  and acommodation thinking process.

Keyword:  thinking process profile, problem solving, perimeter and area of  rectangle,   gender.

Downloads

Published

2017-09-24

How to Cite

Tri Endrawati, Sukayasa, & Bakri Mallo. (2017). PROFIL PROSES BERPIKIR SISWA BERKEMAMPUAN MATEMATIKA TINGGI DALAM MENYELESAIKAN SOAL CERITA KELILING DAN LUAS PERSEGI PANJANG DITINJAU DARI PERBEDAAN GENDER DI SMP NEGERI 15 PALU. Jurnal Elektronik Pendidikan Matematika Tadulako, 5(1), 93–103. Retrieved from https://jurnal.fkip.untad.ac.id/index.php/jpmt/article/view/358

Issue

Section

Articles

Most read articles by the same author(s)

1 2 3 4 5 6 > >>