PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE STAD UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA DI KELAS VIII A SMP NEGERI 17 PALU PADA MATERI LUAS PERMUKAAN DAN VOLUME KUBUS DAN BALOK

Authors

  • Munajah Chairani Universitas Tadulako
  • Sutji Rochaminah Universitas Tadulako
  • Evie Awuy Universitas Tadulako

Abstract

Abstrak: Penelitian ini bertujuan untuk memperoleh deskripsi penerapan model pembelajaran kooperatif tipe STAD untuk meningkatkan hasil belajar siswa kelas VIII A SMP Negeri 17 Palu pada materi luas permukaan dan volume kubus dan balok. Penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang mengacu pada desain penelitian yang dikembangkan oleh Kemmis dan Mc. Taggart. Penelitian ini dilaksanakan dalam dua siklus. Subjek penelitian ini adalah siswa siswa kelas VIII A SMP Negeri 17 Palu, dengan jumlah siswa se­banyak 32 orang siswa, 13 orang siswa laki-laki dan 19 orang siswa perempuan. Jenis data yang di­gunakan adalah data kualitatif dan data kuantitatif dengan teknik pengumpulan data yaitu tes, observasi, catatan lapangan, dan wawancara. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan model pem­belajaran kooperatif tipe STAD dapat meningkatkan hasil belajar siswa pada materi luas permukaan dan volume kubus dan balok dengan menerapkan fase-fase sebagai berikut:.1) Pe­nyajian Kelas yaitu peneliti mem­berikan pengetahuan mengenai bagian kubus dan balok dengan menggunakan alat peraga, 2) Transisi ke tim/belajar kelompok yaitu peneliti mem­bentuk 7 kelompok belajar dan membagikan LKS untuk menemukan rumus permukaan dan volume kubus dan balok, 3) Tim Studi dan Monitoring yaitu peneliti membimbing seperlunya kepada siswa untuk mengerjakan LKS, 4) Evaluasi/tes yaitu peneliti memberikan tes untuk mengetahui pemahaman siswa dan 5) Memberikan Penghargaan yaitu peneliti memberikan penghargaan kelompok kepada kelompok yang memperoleh predikat terbaik.

 

Kata Kunci  : Kooperatif, STAD, Hasil Belajar, Luas Permukaan, Volume, Kubus,Balok.

 

Abstract: This research purpose to obtain a description of the application of cooperative learning model type STAD to improve student’s learning outcome in class VIII A SMP Negeri 17 Palu of main topic surface area and volume of cube and beams. This research is the Classroom Action Research (CAR) which refers to the design developed by Kemmis and Mc. Taggart. This research was conducted in two cycles. The subjects were students grade class VIII A SMP Negeri 17 Palu, with amount of student is 32 student’s people, 13 people boys students and 19 people girls students. The from of data that used is qualitative data and quantitative data with technique of data collect is tests, observations, field notes and interview.The result showed that the implementing cooperative learning model STAD can improve student learning outcomes of main topic surface area and volume of cube and beams with apply steps as follows : 1) class presentation, the researcher gives the knowledge about the part of cube and beam with use instrument boaster, 2) group learning, the researcher formed a 7 study group and distributed LKS to find the formula of surface and the volume of cube and beam, 3) team study and monitoring, the researchers guide as necessary to students until working on LKS, 4) evaluation/test, the researchers gives a test until to know students understanding and 5) appreciation groups, the researchers gives the group award to the group who get the best predicate.

 

Keyword  :  Cooperative, STAD, Result of Study, Surface Area, Volume, Cube, Beams.

Downloads

Published

2017-09-24

How to Cite

Munajah Chairani, Sutji Rochaminah, & Evie Awuy. (2017). PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE STAD UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA DI KELAS VIII A SMP NEGERI 17 PALU PADA MATERI LUAS PERMUKAAN DAN VOLUME KUBUS DAN BALOK. Jurnal Elektronik Pendidikan Matematika Tadulako, 5(1), 70–81. Retrieved from https://jurnal.fkip.untad.ac.id/index.php/jpmt/article/view/356

Issue

Section

Articles

Most read articles by the same author(s)

1 2 3 4 5 6 > >>