PENERAPANMODELPEMBELAJARANKOOPERATIFTIPE NUMBERED HEADSTOGETHER (NHT) UNTUKMENINGKATKAN HASILBELAJAR SISWAPADAMATERI GARIS SINGGUNG PERSEKUTUAN DUA LINGKARAN DI KELAS VIII MTs MUHAMMADIYAH NUNU

Authors

  • Rahmat Ifal Pribadi
  • Muh. Hasbi Universitas Tadulako
  • Gandung Sugita Universitas Tadulako

Abstract

Abstrak:Tujuan penelitian ini ialah untuk memperoleh deskripsi penerapan model pembelajaran kooperatif tipe Numbered Heads Together (NHT) yang dapat meningkatkan hasil belajar siswa pada materi garis singgung persekutuan dua lingkaran di kelas VIII MTs Muhammadiyah Nunu. Penelitian ini mengacu pada desain penelitian Kemmis dan Mc. Taggart. Penelitian ini dilaksanakan dalam dua siklus. Subjek penelitian ini adalah kelas VIII MTs Muhammadiyah Nunu yang berjumlah 18 orang dan dipilih 3 orang sebagai informan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan model pembelajaran kooperatif tipe NHT dapat meningkatkan hasil belajar siswa pada materi garis singgung persekutuan dua  lingkaran di kelas VIII MTs Muhammadiyah Nunu yaitu dengan mengikuti fase-fase sebagai berikut:1) fase penyampaian tujuan dan pemotivasian siswa,2) fase penyajian informasi, 3) fase pengorganisasian kelompok belajar dan penomoran, 4) fase pengajuan pertanyaan atau permasalahan, 5) fase berpikir bersama, 6) fase pemberian jawaban, 7) fase pemberian penghargaan.

Katakunci:Numbered Heads Together; hasil belajar; garis singgung persekutuan dua lingkaran.

Abstract:The purpose of this research was to obtain a description that applying Cooperative Learning Type Numbered Heads Together (NHT) that can improve student’s learning outcomes on Length Tangent Line to Two Circles material in Class VII MTs Muhammadiyah Nunu. This research is classroom action research which refers to Kemmis and Mc. Taggart.This research was conducted in two cycles. The subjects of this research were 18 students on class of VIII MTs Muhammadiyah Nunu. Three of them were chosen as informants. The results of the research showed that the application of Cooperative Learning Type NHT can improve student’s learning outcomes onLength Tangent Line to Two Circles material in Class VII MTs Muhammadiyah Nunu, it follow the phases: 1) conveying the learning objective and motivating, 2) presenting information, 3) organizing study group and numbering, 4) questioning or probleming, 5) heads together, 6) answering, 7) reward

Keywords:Numbered Heads Together; learning out comes; length tangent line to two circles

Downloads

Published

2017-09-24

How to Cite

Rahmat Ifal Pribadi, Muh. Hasbi, & Gandung Sugita. (2017). PENERAPANMODELPEMBELAJARANKOOPERATIFTIPE NUMBERED HEADSTOGETHER (NHT) UNTUKMENINGKATKAN HASILBELAJAR SISWAPADAMATERI GARIS SINGGUNG PERSEKUTUAN DUA LINGKARAN DI KELAS VIII MTs MUHAMMADIYAH NUNU. Jurnal Elektronik Pendidikan Matematika Tadulako, 5(1), 24–36. Retrieved from https://jurnal.fkip.untad.ac.id/index.php/jpmt/article/view/351

Issue

Section

Articles

Most read articles by the same author(s)

1 2 3 4 5 6 7 > >>