PENERAPAN PENDEKATAN PEMBELAJARAN MATEMATIKA REALISTIK UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA PADA MATERI PENJUMLAHAN DAN PENGURANGAN BENTUK ALJABAR DI KELAS VII SMPN 9 PALU

Authors

  • Nening Gumanambo Universitas Tadulako
  • Sukayasa Universitas Tadulako
  • Gandung Sugita Universitas Tadulako

Abstract

Abstrak: Penelitian ini bertujuan untuk  mendeskripsikan penerapan pendekatan matematika realistik  (PMR), yang dapat meningkatkan hasil belajar siswa pada materi penjumlahan dan pengurangan bentuk aljbar di kelas VII SMP Negeri 9 Palu. Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas (PTK). Desain penelitian mengacu pada desain penelitian Kemmis dan Mc. Taggart, yakni perencanaan, pelaksanaan tindakan, observasi, serta refleksi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan PMR dapat meningkatkan hasil belajar siswa kelas VIIB SMPN 9 Palu pada materi penjumlahan dan pengurangan bentuk aljabar meningkat, dengan mengikuti tahap-tahap PMR, yaitu: 1) memahami masalah kontekstual,  2) menyelesaikan masalah kontekstual,  3) membandingkan dan mendiskusikan penyelesaian, 4) menyimpulkan.

Kata kunci: Pendekatan Matematika Realistik (PMR), hasil belajar, penjumlahan dan pengurangan bentuk aljabar.

Abstract: This study aimed to describe the application of Realistic Mathematics Education (RME) approach  able to improve  students learning outcomes to content addition  and reduction  form  algebra  in grade  VIIB SMP Negeri  9 Palu. The study design refers to the model Kemmis and Mc. Taggart that is planning, action, observation, and reflection. The results of the study showed that through the application of the  approach  Realistic Matematics  Education (RME) can improve learning autcames graders VIIB  SMPN  9 Palu  on a material additional and subtraction  of algebraic for, with the  steps of RME (1) understanding problem,  (2) solving problem,  (3) comparing and discusing answer, (4) concluding.

Keywords: Realistics Mathematics Education student achievment, additional and subtraction of algebra form.

Downloads

Published

2016-12-22

How to Cite

Nening Gumanambo, Sukayasa, & Gandung Sugita. (2016). PENERAPAN PENDEKATAN PEMBELAJARAN MATEMATIKA REALISTIK UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA PADA MATERI PENJUMLAHAN DAN PENGURANGAN BENTUK ALJABAR DI KELAS VII SMPN 9 PALU. Jurnal Elektronik Pendidikan Matematika Tadulako, 4(2), 302–313. Retrieved from https://jurnal.fkip.untad.ac.id/index.php/jpmt/article/view/323

Issue

Section

Articles

Most read articles by the same author(s)

1 2 3 4 5 6 7 > >>