PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE STAD BERBANTUAN BLOK ALJABAR UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA PADA PENJUMLAHAN DAN PENGURANGAN BENTUK ALJABAR DI KELAS VIII SMP NEGERI 12 PALU

Authors

  • Alfiliansi
  • Dasa Ismaimuza
  • Sutji Rochaminah

Abstract

Abstrak: Tujuan penelitian ini adalah untuk memperoleh deskripsi penerapan model pembelajaran kooperatif tipe STAD berbantuan blok aljabar yang dapat meningkatkan hasil belajar siswa pada penjumlahan dan pengurangan bentuk aljabar di kelas VIII SMP Negeri 12 Palu. Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas (PTK). Rancangan penelitian tindakan kelas ini mengacu pada model Kemmis dan Mc Taggart yaitu (1) perencanaan, (2) pelaksanaan tindakan, (3) observasi dan (4) refleksi. Penelitian ini dilakukan dalam dua siklus. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa penerapan model pembelajaran kooperatif tipe STAD berbantuan blok aljabar dapat meningkatkan hasil belajar siswa pada penjumlahan dan pengurangan bentuk aljabar di Kelas VIII SMP Negeri 12 Palu mengikuti langkah-langkah sebagai berikut: (1) menyampaikan tujuan pembelajaran dan memotivasi siswa, (2) menyajikan materi dengan menggunakan alat peraga blok aljabar, (3) mengorganisasikan siswa kedalam kelompok belajar, (4) membimbing siswa dalam  menyelesaikan LKS, (5) memberikan tes, dan (6) memberikan penghargaan.

Kata Kunci: Model pembelajaran kooperatif tipe STAD, blok aljabar, hasil belajar siswa,   penjumlahan dan pengurangan bentuk aljabar.

 

Abstrack: This research aim to obtain description applying cooperative learning of STAD with the assist block algebra that can improve study result on addition and subtraction of algebraic in class VIII SMP Negeri 12 of Palu. This research was a classroom action research. This class action research design refers to the model Kemmis and Mc Taggart that is (1) plan, (2) action, (3) observation and (4) reflection. This research was conducted in two cycles. The results of this research indicating that through applying of cooperative learning of STAD assisted block algebra can improve student study of addition and subtraction of algebraic form in class VIII of SMP Negeri 12 Palu follow the steps as follows: (1) outlines the learning objectives and motivate students, (2) presenting the material by using props block algebra, (3) organize students into study groups, (4) guide students in completing worksheets, (5) provide test (6) reward.

Keywords: Cooperative learning of STAD, block algebra, learning outcomes, addition and subtraction algebraic form.

Downloads

Published

2020-09-26 — Updated on 2014-12-24

How to Cite

Alfiliansi, Dasa Ismaimuza, & Sutji Rochaminah. (2014). PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE STAD BERBANTUAN BLOK ALJABAR UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA PADA PENJUMLAHAN DAN PENGURANGAN BENTUK ALJABAR DI KELAS VIII SMP NEGERI 12 PALU. Jurnal Elektronik Pendidikan Matematika Tadulako, 2(2), 127–135. Retrieved from https://jurnal.fkip.untad.ac.id/index.php/jpmt/article/view/234

Issue

Section

Articles

Most read articles by the same author(s)

1 2 3 4 5 6 7 > >>