PENERAPAN PENDEKATAN SAINTIFIK UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA PADA MATERI HUBUNGAN SUDUT PUSAT DENGAN PANJANG BUSUR DAN LUAS JURING LINGKARAN PADA KELAS VIII SMP NEGERI 10 PALU

Authors

  • Ma’ruf Abd Gafur
  • Dasa Ismaimuza Universitas Tadulako
  • Idrus Puluhulawa Universitas Tadulako

Abstract

Abstrak: Tujuan penelitian ini yaitu  untuk memperoleh deskripsi penerapan pendekatan saintifik untuk meningkatkan hasil belajar siswa pada materi hubungan sudut pusat dengan panjang busur dan luas juring lingkaran kelas VIII SMP Negeri 10 Palu. Jenis penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas yang mengacu pada desain Kemmis dan Mc. Taggart, yang terdiri dari empat komponen yaitu (1) perencanaan, (2) pelaksanaan tindakan, (3) observasi dan (4) refleksi. Penelitian ini dilakukan dalam dua siklus. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan pendekatan saintifik dapat meningkatkan hasil belajar siswa, dengan tahapan yaitu: 1) mengamati, 2) menanya, 3) menalar, 4) mencoba dan 5) membentuk jejaring.

Kata Kunci: Pendekatan Saintifik , hasil belajar, hubungan sudut pusat dengan panjang busur                 

                     dan luas juring lingkaran.

Abstract: This reseacrh is to describe the application of scientific approaches that can improve student learning outcomes in material relations with the central angle wide arc length and circular arsc in class VIII SMP Negeri 10 Palu. This research type is a classroom action research which design is based of Kemmis and Mc. Taggart. Which consists of four components, namely: (1) planning, (2) implementation of the action, (3) observation, and (4) reflection. This research was conducted in two cycles. The result  showed that  the application of scientific approach can improve student learning outcomes, by following the steps as follows: 1) observe, 2) ask, 3) reasoning, 4) attempt  and 5) network.

Keywords: Scientific Approach, Results Learning, relations with the central angle wide arc length and circular arsc.

Downloads

Published

2016-06-12

How to Cite

Ma’ruf Abd Gafur, Dasa Ismaimuza, & Idrus Puluhulawa. (2016). PENERAPAN PENDEKATAN SAINTIFIK UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA PADA MATERI HUBUNGAN SUDUT PUSAT DENGAN PANJANG BUSUR DAN LUAS JURING LINGKARAN PADA KELAS VIII SMP NEGERI 10 PALU. Jurnal Elektronik Pendidikan Matematika Tadulako, 3(4), 427–439. Retrieved from https://jurnal.fkip.untad.ac.id/index.php/jpmt/article/view/298

Issue

Section

Articles

Most read articles by the same author(s)

1 2 3 4 > >>