PENINGKATAN HASIL BELAJAR SISWA PADA MATERI BILANGAN BERPANGKAT MELALUI MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE THINK PAIR SHARE (TPS) DI KELAS X MIA 4 SMA NEGERI 1 BANAWA

Authors

  • Marina
  • Baharuddin Paloloang
  • Dasa Ismaimuza

Abstract

Abstrak: Tujuan penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan penerapan model pembelajaran kooperatif tipe Think Pair Share yang dapat meningkatkan hasil belajar siswa pada materi bilangan berpangkat di kelas X MIA 4 SMA Negeri 1 Banawa. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas X MIA 4 SMA Negeri 1 Banawa sejumlah 34 orang yang terdiri atas sembilan laki-laki dan 25 perempuan. Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas. Desain penelitian mengacu pada model Kemmis dan Mc. Taggart yang terdiri dari empat komponen, yaitu (1) perencanaan, (2) pelaksanaan tindakan, (3) observasi dan (4) refleksi. Penelitian ini dilaksanakan dalam dua siklus yang setiap siklus terdiri atas dua kali pertemuan. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa penerapan model pembelajaran kooperatif tipe Think Pair Share yang dapat meningkatkan hasil belajar siswa pada materi bilangan berpangkat di kelas X MIA 4 SMA Negeri 1 Banawa melalui fase-fase yaitu: (1) pemberian orientasi, (2) think, (3) pair , (4) share, dan (5) penghargaan. Selain itu, hasil penelitian ini juga menunjukkan bahwa siswa dapat menyelesaikan soal yang berkaitan dengan materi bilangan berpangkat.

Kata Kunci: Pembelajaran Kooperatif Tipe Think Pair Share, Hasil Belajar, Bilangan          Berpangkat.

Abstract: The aim of this research was to describe the applying Cooperative Learning of Think Pair Share (TPS) that could improve students’ learning results in the exponential number results Class X MIA 4 SMA Negeri 1 Banawa. The subjects of this research are the students of X MIA 4 SMA Negeri 1 Banawa  that consist of 34 students This is a classroom action research. The research design refers to the model of Kemmis and Mc. Taggart consist of four components, that are (1) planning, (2) action, (3) observation, and (4) reflection. This study was conducted in two cycles each cycle consisted of two meetings. The result of this research showed that Cooperative Learning of Think Pair Share that could improve students’ learning results in the exponential numbers in the Class X MIA 4 SMA Negeri 1 Banawa through phases: (1) provide orientation, (2) think, (3) pair, (4) share, and (5) awards. In addition, the result of this research also showed that students was able to solve the problem related to the exponential numbers.

Key words: Cooperative Learning of Think Pair Share; Learning Outcomes; Exponential Numbers.

Downloads

Published

2015-09-22

How to Cite

Marina, Baharuddin Paloloang, & Dasa Ismaimuza. (2015). PENINGKATAN HASIL BELAJAR SISWA PADA MATERI BILANGAN BERPANGKAT MELALUI MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE THINK PAIR SHARE (TPS) DI KELAS X MIA 4 SMA NEGERI 1 BANAWA. Jurnal Elektronik Pendidikan Matematika Tadulako, 3(1), 90–102. Retrieved from https://jurnal.fkip.untad.ac.id/index.php/jpmt/article/view/271

Issue

Section

Articles

Most read articles by the same author(s)

1 2 3 4 5 6 7 > >>