PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE TALKING STICK UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR PERSAMAAN GARIS LURUS SISWA KELAS VIII SUDIRMAN SMP NEGERI 1 SINDUE

Authors

  • Siti Salma
  • Baharuddin Paloloang Pendidikan Matematika FKIP-Universitas Tadulako
  • Linawati Pendidikan Matematika FKIP-Universitas Tadulako

Keywords:

Model pembelajaran, Talking Stick, Hasil Belajar, Persamaan Garis Lurus

Abstract

Tujuan dalam penelitian ini adalah untuk memperoleh deskripsi model pembelajaran kooperatif tipe Talking Stick dalam meningkatkan hasil belajar persamaan garis lurus siswa kelas VIII sudirman SMP negeri 1 sindue. Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas yang mengacu pada desain penelitian Kemmis dan Mc. Taggart. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas VIII Sudirman yang berjumlah 23 siswa. Penelitian ini dilakukan dalam dua siklus yang setiap siklusnya terdiri dari empat komponen yaitu: Perencanaan, Pelaksanaan tindakan, Observasi, dan Refleksi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan model pembelajaran kooperatif tipe Talking Stick dapat meningkatkan hasil belajar persamaan garis lurus siswa kelas VIII sudirman SMP negeri 1 sindue dengan tahapannya yaitu: menyampaikan tujuan dan mempersiapkan siswa, menyajikan informasi, Mengorganisir siswa ke dalam kelompok belajar, Membantu kerja kelompok dan belajar, Mengevaluasi, Memberikan penghargaan. Hasil akhir tindakan siklus I menunjukkan bahwa ketuntasan klasikal mencapai 65% dan hasil tes akhir tindakan siklus II menjadi 82%. Skor total aktivitas guru pada siklus I sebesar 51 meningkat pada siklus II menjadi 65. Skor total aktivitas siswa pada siklus I sebesar 47 meningkat pada siklus II menjadi 65.

Downloads

Published

2022-10-31

How to Cite

Siti Salma, Baharuddin Paloloang, & Linawati. (2022). PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE TALKING STICK UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR PERSAMAAN GARIS LURUS SISWA KELAS VIII SUDIRMAN SMP NEGERI 1 SINDUE. Jurnal Elektronik Pendidikan Matematika Tadulako, 9(4), 459–470. Retrieved from https://jurnal.fkip.untad.ac.id/index.php/jpmt/article/view/2595

Issue

Section

Articles

Most read articles by the same author(s)

1 2 3 4 5 6 > >>