PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE TALKING STICK UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA KELAS VII SMP NEGERI 20 PALU PADA MATERI HIMPUNAN

Authors

  • Maya Sofiana
  • I Nyoman Murdiana Pendidikan Matematika FKIP-Universitas Tadulako
  • Nurhayadi Pendidikan Matematika FKIP-Universitas Tadulako

Keywords:

Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Talking Stick, Hasil Belajar, Himpunan

Abstract

Makalah ini mendeskripsikan penerapan model pembelajaran  kooperatif tipe talking stick dalam upaya meningkatkan hasil belajar siswa kelas VII SMP Negeri 20 Palu pada materi himpunan. Rancangan penelitian mengacu pada Kemmis dan Mc.Taggart yang terdiri dari empat komponen yaitu (1) perencanaan, (2) pelaksanaan tindakan, (3) observasi dan (4) refleksi. Data yang dikumpulkan berupa data aktivitas guru dan siswa melalui lembar observasi, hasil wawancara dan hasil catatan lapangan. Penelitian ini dilaksanakan dengan menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe talking stick dengan mengikuti langkah-langkah sebagai berikut: (1) menyampaikan tujuan dan mempersiapkan siswa, (2) menyajikan informasi, (3) mengorganisasikan siswa ke dalam kelompok belajar, (4) membimbing kelompok bekerja dan belajar, (5) evaluasi dan (6) memberikan penghargaan

Downloads

Published

2022-10-31

How to Cite

Maya Sofiana, I Nyoman Murdiana, & Nurhayadi. (2022). PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE TALKING STICK UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA KELAS VII SMP NEGERI 20 PALU PADA MATERI HIMPUNAN. Jurnal Elektronik Pendidikan Matematika Tadulako, 9(4), 413–419. Retrieved from https://jurnal.fkip.untad.ac.id/index.php/jpmt/article/view/2591

Issue

Section

Articles

Most read articles by the same author(s)

1 2 3 4 5 > >>