PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE STAD UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA PADA MATERI KELILING DAN LUAS DAERAH SEGIEMPAT DI KELAS VII SMP NEGERI 2 TINOMBO SELATAN

Authors

  • Annisa Ma’rifatillah
  • Baso Amri

Abstract

Abstrak : Tujuan penelitian ini untuk memperoleh deskripsi tentang penerapan model pembelajaran kooperatif tipe STAD dalam upaya meningkatkan hasil belajar siswa terhadap materi keliling dan luas daerah segiempat. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian tindakan kelas (PTK). Rancangan penelitian yang dilakukan mengacu pada desain penelitian Kemmis dan Mc. Taggart yang terdiri atas empat komponen, yaitu (1) perencanaan, (2) pelaksanaan tindakan, (3) observasi dan (4) refleksi. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas VIIA SMP Negeri 2 Tinombo Selatan yang berjumlah 28 orang yang terdaftar pada tahun ajaran 2014/2015. Data yang dikumpulkan pada penelitian ini adalah data aktifitas guru dalam mengola pembelajaran, data aktifitas siswa dalam mengikuti kegiatan pembelajaran, data hasil tes awal dan data hasil tes akhir tindakan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa melalui penerapan model pembelajaran kooperatif tipe STAD hasil belajar siswa pada materi segiempat meningkat, dengan mengikuti langkah-langkah model pembelajaran kooperatif tipe STAD yaitu :  (1) penyajian kelas, (2) belajar kelompok, (3) membimbing kelompok dalam bekerja dan belajar, (4) evaluasi, dan (5) memberi penghargaan kelompok.

                                                                                                                                

Kata Kunci: Pembelajaran kooperatif tipe STAD, hasil belajar, segiempat.

Abstract : This research aim to obtain a description about applying cooperative learning of STAD able to improved student’s learning outcomes on perimeter and area of quadrilateral. The design of this studying refers to the research design Kemmis and Mc Taggart consist of four components, that are (1) planning, (2) action, (3) observation, and (4) reflection. The subject of this research are the students of class VII A SMP Ngeri 2 Tinombo Selatan that consists of 28 students enrolled in the academic year 2013/2014. The datas were collected in this research obtained from data of teacher’s activities in managed the learning, data of student’s activities in participated the learning, data of pre test, and data of final test. The result of this research showed thatapplying Cooperative Learning of STAD can improved student’s learning outcomes by following the steps are (1)class presentation, (2) group discussion, (3) conduct the group in work and study, (4) evaluation, and (5)group achievement.

 

Keywords: Cooperative learning of STAD, learning outcomes, quadrilateral

Downloads

Published

2015-06-20

How to Cite

Annisa Ma’rifatillah, & Baso Amri. (2015). PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE STAD UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA PADA MATERI KELILING DAN LUAS DAERAH SEGIEMPAT DI KELAS VII SMP NEGERI 2 TINOMBO SELATAN. Jurnal Elektronik Pendidikan Matematika Tadulako, 2(4), 387–399. Retrieved from https://jurnal.fkip.untad.ac.id/index.php/jpmt/article/view/259

Issue

Section

Articles