ANALISIS KESALAHAN SISWA PADA SOAL CERITA VOLUME PRISMA BERDASARKAN TEORI NEWMAN DI KELAS VIII SMPN 20 PALU

Authors

  • Nur Safitri
  • Mustamin Idris Pendidikan Matematika FKIP-Universitas Tadulako
  • Muh. Hasbi Pendidikan Matematika FKIP-Universitas Tadulako
  • Sutji Rochaminah Pendidikan Matematika FKIP-Universitas Tadulako

Keywords:

Analisis Kesalahan, Teori Newman, Volume Prismav

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk memperoleh deskripsi  jenis-jenis kesalahan dan faktor-faktor penyebab kesalahan yang dilakukan oleh siswa kelas VIII SMPN 20 Palu dalam mengerjakan soal cerita volume prisma berdasarkan teori Newman. Jenis penelitian ini adalah deskriptif dengan pendekatan kualitatif. Data yang diperoleh dari penelitian adalah hasil pekerjaan siswa dan wawancara. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa 1) subjek NI dan RV tidak melakukan kesalahan membaca. (2) Subjek NI dan RV melakukan kesalahan memahami dikarenakan siswa memiliki kebiasaan menyelesaikan soal cerita  tanpa menuliskan apa yang diketahui dan ditanyakan. (3) kesalahan transformasi dilakukan  oleh dilakukan  oleh subjek NI terjadi akibat dari kurangnya latihan dalam mengerjakan soal-soal bentuk cerita dengan variasi yang berbeda yang membuat siswa merasa kebingungan ketika mendapatkan soal cerita yang belum dikerjakan sebelumnya (4) kesalahan kemampuan proses dilakukan oleh subjek NI dan RV disebabkan kurangnya pemahaman siswa terhadap materi prasyarat baik  sifat, rumus dan prosedur pengerjaan merupakan penyebab terjadinya kesalahan kemampuan proses. Adapun kesalahan terakhir adalah (5) Kesalahan penulisan jawaban  akhir, kesalahan ini dilakukan oleh subjek RV kesalahan ini terjadi dikarenakan siswa melakukan kesalahan pada tahap sebelumnya sehingga siswa tidak dapat menlanjutkan jawaban pada tahap selanjutnya.

Downloads

Published

2022-09-30

How to Cite

Nur Safitri, Mustamin Idris, Muh. Hasbi, & Sutji Rochaminah. (2022). ANALISIS KESALAHAN SISWA PADA SOAL CERITA VOLUME PRISMA BERDASARKAN TEORI NEWMAN DI KELAS VIII SMPN 20 PALU. Jurnal Elektronik Pendidikan Matematika Tadulako, 10(1), 99–107. Retrieved from https://jurnal.fkip.untad.ac.id/index.php/jpmt/article/view/2581

Issue

Section

Articles

Most read articles by the same author(s)

1 2 3 4 5 6 7 8 9 > >>