PENERAPAN STRATEGI PEMBELAJARAN MIND MAPPING UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA PADA MATERI TRIGONOMETRI DI KELAS XI MIA SMA NEGERI 4 PALU

Authors

  • Diah Widyawaty
  • Muh. Hasbi

Abstract

Abstrak:Tujuan penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan penerapan strategi pembelajaran mind mapping yang dapat meningkatkan hasil belajar siswa pada materi trigonometri di kelas XI MIA 3 SMA Negeri 4 Palu. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian tindakan kelas (PTK). Rancangan penelitian yang dilakukan mengacu pada desain penelitian Kemmis dan Mc. Taggart yang terdiri atas empat komponen, yaitu (1) perencanaan, (2) pelaksanaan tindakan, (3) observasi dan (4) refleksi. Penelitian ini dilakukan dalam dua siklus. Data yang dikumpulkan pada penelitian ini adalah data aktivitas guru dalam mengelola pembelajaran, data aktivitas siswa dalam mengikuti pembelajaran dan data hasil tes akhir tindakan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan strategi pembelajaran mind mapping yang dapat meningkatkan hasil belajar siswa pada materi trigonometri, melalui langkah-langkah yaitu (1) menyajikan materi, (2) memberikan bahan bacaan dan contoh mind mapping, (3) membuat mind mapping secara berkelompok, (4) presentasi dan (5) mengerjakan LKS. Pada siklus I siswa yang tuntas sebanyak 24 orang sedangkan pada siklus II sebanyak 27 orang.

Kata kunci: mind mapping, hasil belajar, trigonometri

Abstract:The purpose of this research is to describe the applying of strategy learning mind mapping that can improve the student’s learning outcomes of main topic trigonometry at XI MIA3 In SMA Negeri 4 Palu. The type of this research is a classroom action research. The design of this studying refers to the research design Kemmis and Mc Taggart consist of four components, that are (1) planning, (2) action, (3) observation, and (4) reflection. This research were conducted in two cycle. This research collects data about teacher’s activities while manage learning, data about student’s activities while attent learning and testing after action. The conclution of this research is the applying of strategy learning mind mapping that can improve the student’s learning outcomes of main topic trigonometry, through few steps, that are (1) explain the main topic, (2) give reading sheet and example of mind mapping, (3) make mind mapping in group, (4) presentation, (5) solve the student’s worksheet. At cycle I, the number of student who get mastery is 24 student meanwhile at cycle II is 27 student.

Keyword: mind mapping, learning outcomes, trigonometry

Downloads

Published

2015-06-20

How to Cite

Diah Widyawaty, & Muh. Hasbi. (2015). PENERAPAN STRATEGI PEMBELAJARAN MIND MAPPING UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA PADA MATERI TRIGONOMETRI DI KELAS XI MIA SMA NEGERI 4 PALU. Jurnal Elektronik Pendidikan Matematika Tadulako, 2(4), 329–339. Retrieved from https://jurnal.fkip.untad.ac.id/index.php/jpmt/article/view/254

Issue

Section

Articles

Most read articles by the same author(s)

1 2 3 4 > >>