PENINGKATAN HASIL BELAJAR SISWA KELAS VIII MTsN POSO PESISIR PADA MATERI PERKALIAN BENTUKALJABAR DENGAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE STAD MENGGUNAKAN ALGEBRAIC EXPERIENCE MATERIAL

Authors

  • Mahfud
  • Dasa Ismaimuza
  • M. Tawil Made Ali

Abstract

Abstrak: Tujuan penelitian ini adalah mendeskripsikan pembelajaran kooperatif tipe STAD  menggunakan Algebraic Experience Material (AEM) dalam upaya meningkatkan hasil belajar siswa kelas VIII B MTsN Poso Pesisir pada materi perkalian bentuk aljabar. Jenis penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas yang mengacu pada model Kemmis dan Mc. Taggart yang terdiri dari empat komponen, yaitu (1) perencanaan, (2) pelaksanaan tindakan, (3) observasi dan (4) refleksi. Subjek dalam penelitian ini adalah siswa kelas VIII B MTsN Poso Pesisir. Penelitian ini dilakukan dalam dua siklus. Data dalam penelitian ini diperoleh melalui observasi, tes tulis, wawancara dan observasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terjadi peningkatan hasil belajar siswa kelas VIII MTsN Poso Pesisir pada materi operasi perkalian bentuk aljabar dengan model pembelajaran kooperatif tipe STAD menggunakan AEM melalui beberapa langkah yaitu: 1)  menyampaikan tujuan pembelajaran dan motivasi siswa, 2) penyajian materi denga menggunakan AEM, 3) tim studi dan monitoring, 4) evaluasi, 5) skor perkembangan individu dan 6) penghargaan.

Kata Kunci : hasil belajar, operasi perkalian bentuk aljabar, model pembelajaran kooperatif tipe STAD, AEM.

 

Abstract: The objective of this research is to describe cooperative learning of STAD with using Algebraic Experience Material (AEM) to improve learning outcomes of students in grade VIII MTsN Poso Pesisir on multiplication of algebra. This research is classroom action research that refers to Kemmis’ and Mc.Taggart’s research design that consist of four components, those are (1) planning, (2) action, (3) observation, and (4) reflection. The subjects of this research are students of grade VIII MTsN Poso Pesisir. This research was conducted in two cycles. Data in this research were obtained through observation, written test, and interview. The result of this research indicating that there was enhancement of student’s learning outcomes in grade VIII MTsN Poso Pesisir on multiplication of algebra through cooperative learning of STAD with used AEM through some steps those are: 1) conveying  learning objectives and motivating student, 2) material presentation with using AEM, 3) study team and monitoring,4)  evaluation, 5) individual enhancement score, and 6) appreciation.

Keyword : learning outcomes, multiplication of algebra, cooperative learning of STAD, AEM.

Downloads

Published

2015-03-18

How to Cite

Mahfud, Dasa Ismaimuza, & M. Tawil Made Ali. (2015). PENINGKATAN HASIL BELAJAR SISWA KELAS VIII MTsN POSO PESISIR PADA MATERI PERKALIAN BENTUKALJABAR DENGAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE STAD MENGGUNAKAN ALGEBRAIC EXPERIENCE MATERIAL. Jurnal Elektronik Pendidikan Matematika Tadulako, 2(3), 226–237. Retrieved from https://jurnal.fkip.untad.ac.id/index.php/jpmt/article/view/245

Issue

Section

Articles

Most read articles by the same author(s)

1 2 3 4 > >>