PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN LANGSUNG BERBANTUAN PROGRAM CABRI 3D PADA MATERI MENENTUKAN BESAR SUDUT DALAM RUANG UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA KELAS X SMA AL-AZHAR PALU

Authors

  • Sukri
  • Dasa Ismaimuza
  • Gandung Sugita

Abstract

Abstrak: Penelitian ini bertujuan untuk memperoleh deskripsi tentang penerapan model pem­belajaran langsung berbantuan program Cabri 3D yang dapat meningkatkan  hasil belajar siswa pada materi menentukan besar sudut dalam  ruang di Kelas X SMA Al-Azhar Palu. Jenis penelitian pada penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Penelitian ini mengacu  pada desain penelitian Kemmis dan Mc. Taggart, yakni perencanaan, tindakan dan observasi, serta refleksi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan  model pembelajaran langsung berbantuan program Cabri 3D yang dapat meningkatkan hasil belajar siswa dengan mengikuti fase-fase model pembelajaran langsung, yakni: (1) guru menyampai­kan tujuan pembelajaran serta mempersiapkan siswa. (2) guru men-demonstrasikan pengetahuan. (3) guru membimbing pelatihan dengan mem­bagikan LKS. (4) guru mengecek pemahaman siswa dan memberi umpan balik. (5) guru memberikan kesempatan untuk pelatihan lanjutan dan penerapan.

Kata kunci: pembelajaran langsung, Cabri 3D, hasil belajar, menentukan besar sudut dalam ruang

Abstract:This research aims to obtain a description about applying direct instruction model which Cabri 3D-assisted program that can improve learning outcomes of students in Class X SMA Al-Azhar Palu to determine the measure of angle in 3-dimensional space. This research type is a classroom action research. It refers to Kemmis and Mc. Taggart research design that including is planning, doing and observation, and reflection. The result of this research indicates that applying direct instruction model which Cabri 3D-assisted program which can increase student’s learning outcomes according to phase of direct instruction model, they are: (1) teacher informs the goal of their studying and provide motivation to students. (2) teacher demonstrates again prerequisite items present items and to all student concerning blackboard media by using demonstration student’s knowledge. (3) teacher guide student’s training and give LKS. (4)  teacher checks the understanding of student and give feedback. (5) teacher give chances for extension practice problem and application.

Keyword: direct instruction, Cabri 3D, learning outcomes, determine the measure of angle in 3-     
  
dimensional space.

Downloads

Published

2014-12-24

How to Cite

Sukri, Dasa Ismaimuza, & Gandung Sugita. (2014). PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN LANGSUNG BERBANTUAN PROGRAM CABRI 3D PADA MATERI MENENTUKAN BESAR SUDUT DALAM RUANG UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA KELAS X SMA AL-AZHAR PALU. Jurnal Elektronik Pendidikan Matematika Tadulako, 2(2), 204–2014. Retrieved from https://jurnal.fkip.untad.ac.id/index.php/jpmt/article/view/243

Issue

Section

Articles

Most read articles by the same author(s)

1 2 3 4 5 6 7 > >>