PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE STAD BERBANTUAN MEDIA AUDIO VISUAL TERHADAP HASIL BELAJAR FISIKA SISWA KELAS XI SMA NEGERI 1 TIKKE RAYA
DOI:
https://doi.org/10.22487/me.v16i2.737Keywords:
kooperatif tipe STAD, media audio visual, hasil belajarAbstract
Tujuan penelitian adalah untuk mengetahui ada tidaknya pengaruh model pembelajaran kooperatif tipe STAD berbantuan media audio visual terhadap hasil belajar fisika siswa kelas XI di SMAN 1 Tikke Raya. Jenis penelitian ini merupakan eksperimen kuasi dengan equivalent pretest-posttest design. Populasi penelitian ini adalah seluruh siswa kelas XI SMA Negeri 1 Tikke Raya. Teknik Sampling yang digunakan dalam penelitian ini adalah Proposive Sampling dengan sampel penelitian adalah kelas XI IPA 1 sebagai kelompok kontrol dan kelas XI IPA 2 sebagai kelompok eksperimen. Instrumen hasil belajar fisika berupa tes pilihan ganda yang telah divalidasi melalui validitas kontruksi. Tes hasil belajar fisika yang diperoleh menunjukkan bahwa skor rata-rata kelompok eksperimen 17,93 dengan standar deviasi 2,81 dan skor rata-rata kelompok kontrol 16,76 dengan standar deviasi 2,57. Dari hasil analisa data tes akhir diperoleh nilai ttable untuk n=35 pada taraf nyata α = 0,05 dan dk = 68 adalah 1,67 dan nilai thitung adalah 1,82. Hal ini berarti bahwa nilai berada diluar daerah penerimaan Hasil ini menyatakan terdapat perbedaan hasil belajar kelas yang diterapkan model pembelajaran kooperatif tipe STAD berbantuan media audio visual dengan kelas yang diterapkan model pembelajaran langsung. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh model pembelajaran kooperatif tipe STAD berbantuan media audio visual terhadap hasil belajar fisika siswa kelas XI SMAN 1 Tikke Raya.
References
Y. Sharan. “Cooperative Learning for Academic and Social Gains. Valued pedagogy, problematic practice”. European Journal of Education, 45 (2), 300- 313. 2010.
. D.W.Johnson.” An Educational Psychology Success Story”. Social interdependence theory and cooperative learning. Educational Research, 38(5), 365-37.2009.
. Wibowo, Rahmat, Wahyudi & Ngatman. Penerapan Model Kooperatif Tipe STAD dalam Peningkatan Pembelajaran Bangun Datar pada Siswa Kelas V SD. Kebumen: Kalam Cendekia.2016.
. Isjoni. Cooperative Learning Efektifitas Pembelajaran Kelompok. Bandung: Alfabeta.2010.
. Herdian. Model Pembelajaran STAD (
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2020 Riska, Syamsu, Marungkil Pasaribu
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.
Authors who publish with Jurnal Media Eksakta agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License (CC BY-SA 4.0) that allows others to share the work with an acknowledgment of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgment of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work.