PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE STAD BERBANTUAN MEDIA AUDIO VISUAL TERHADAP HASIL BELAJAR FISIKA SISWA KELAS XI SMA NEGERI 1 TIKKE RAYA

Authors

  • Riska Riska Universitas Tadulako
  • Syamsu Syamsu Universitas Tadulako
  • Marungkil Pasaribu Universitas Tadulako

DOI:

https://doi.org/10.22487/me.v16i2.737

Keywords:

kooperatif tipe STAD, media audio visual, hasil belajar

Abstract

Tujuan penelitian adalah untuk mengetahui ada tidaknya pengaruh model pembelajaran kooperatif  tipe STAD berbantuan media audio visual terhadap hasil belajar fisika  siswa kelas XI di SMAN 1 Tikke Raya. Jenis penelitian ini merupakan eksperimen kuasi dengan equivalent pretest-posttest design. Populasi penelitian ini adalah seluruh siswa kelas XI SMA Negeri 1 Tikke Raya. Teknik Sampling yang digunakan dalam penelitian ini adalah Proposive Sampling dengan sampel penelitian adalah kelas XI IPA 1 sebagai kelompok kontrol dan kelas XI IPA 2 sebagai kelompok eksperimen. Instrumen hasil belajar fisika berupa tes pilihan ganda yang telah divalidasi  melalui validitas kontruksi. Tes hasil belajar fisika yang diperoleh menunjukkan bahwa skor rata-rata kelompok eksperimen 17,93 dengan standar deviasi 2,81 dan skor rata-rata kelompok kontrol 16,76 dengan standar deviasi  2,57. Dari hasil analisa data tes akhir diperoleh nilai ttable untuk n=35 pada  taraf nyata  α = 0,05 dan dk = 68 adalah 1,67 dan nilai thitung  adalah 1,82. Hal ini berarti bahwa nilai berada diluar daerah penerimaan  Hasil ini menyatakan terdapat perbedaan hasil belajar kelas yang diterapkan model pembelajaran kooperatif tipe STAD berbantuan media audio visual dengan kelas yang diterapkan model pembelajaran langsung. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh model pembelajaran kooperatif tipe STAD berbantuan media audio visual terhadap hasil belajar fisika siswa kelas XI SMAN 1 Tikke Raya.

References

Y. Sharan. “Cooperative Learning for Academic and Social Gains. Valued pedagogy, problematic practice”. European Journal of Education, 45 (2), 300- 313. 2010.

. D.W.Johnson.” An Educational Psychology Success Story”. Social interdependence theory and cooperative learning. Educational Research, 38(5), 365-37.2009.

. Wibowo, Rahmat, Wahyudi & Ngatman. Penerapan Model Kooperatif Tipe STAD dalam Peningkatan Pembelajaran Bangun Datar pada Siswa Kelas V SD. Kebumen: Kalam Cendekia.2016.

. Isjoni. Cooperative Learning Efektifitas Pembelajaran Kelompok. Bandung: Alfabeta.2010.

. Herdian. Model Pembelajaran STAD (

Downloads

Published

2020-11-30

How to Cite

[1]
R. Riska, S. Syamsu, and M. Pasaribu, “PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE STAD BERBANTUAN MEDIA AUDIO VISUAL TERHADAP HASIL BELAJAR FISIKA SISWA KELAS XI SMA NEGERI 1 TIKKE RAYA”, ME, vol. 16, no. 2, pp. 79–83, Nov. 2020.

Issue

Section

Articles