PENGARUH MODEL KOOPERATIF TIPE TALKING STICK DISERTAI METODE EKSPERIMEN TERHADAP HASIL BELAJAR FISIKA PADA PESERTA DIDIK KELAS XI SMA NEGERI 5 PALU

Authors

  • Dewi Purnama Sari Universitas Tadulako
  • Yusuf Kendek Universitas Tadulako
  • Syamsu Syamsu Universitas Tadulako

DOI:

https://doi.org/10.22487/me.v16i1.730

Keywords:

talking stick, hasil belajar fisika

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui ada tidaknya pengaruh model pembelajaran kooperatif tipe talking stick disertai metode eksperimen terhadap hasil belajar fisika pada peserta didik kelas XI SMA Negeri 5 Palu. Jenis penelitian ini merupakan eksperimen kuasi dengan desain posttest-only control group design. Teknik sampling yang digunakan dalam penelitian ini adalah proposive sampling dengan sampel penelitian adalah kelas XI MIPA 4 sebagai kelompok eksperimen (n=29) dan kelas XI MIPA 3 sebagai kelompok kontrol (n=30). Pada kelas eksperimen diberi perlakuan dengan menggunakkan model pembelajaran kooperatif tipe Talking Stick dan kelas kontrol menggunakan model pembelajaran Direct Instruction, dimana kedua kelas menggunakan metode eksperimen. Setelah pembelajaran selesai, kedua kelas diberikan tes akhir untuk menguji hasilnya. Berdasarkan hasil dari kedua kelas, dari analisa data diperoleh bahwa skor rata-rata kelompok eksperimen 14,81 dan skor rata-rata kelompok kontrol yaitu 9,03. Berdasarkan hasil uji hipotesis, diperoleh  dan  pada taraf nyata . Hal ini menunjukan bahwa terdapat pengaruh model pembelajaran kooperatif tipe taling stick disertai metode eksperimen terhadap hasil belajar fisika pada peserta didik kelas XI SMA Negeri 5 Palu.

References

N.Wahidin, “ Penerapan Strategi React dalam Pembelajaran Kontekstual untuk Meningkatkan Hasil Belajar Fisika Siswa Kelas Viiic SMP Negeri 13 Palu”. Skripsi, Program Studi Pendidikan Fisika. Jurusan P-MIPA FKIP Universitas Tadulako. Tiak diterbitkan, 2011.

Noryana, “Meningkatkan Minat Belajar PKN Materi Hak Asasi Manusia MenggunakanModel Pembelajaran Talking Stick pada Siswa Kelas X.A SMA Negeri 11Banjarmasin.” 3, (5). Hal 1-8, 2013.

A. Shoimin, “66 Model Pembelajaran Inofatif dalam Kurikulum 2013”. Yogyakarta : Ar-ruzz media, 2014.

R. Dewi, “Pengaruh Penggunaan Model Pembelajaran Talking Stick Terhadap Peingkatan Hasil Belajar Siswa SMA Inshafuddin”. Skripsi sarjana pada Universitas Islam Negeri Ar-Ranirydarussalam-Banda Aceh. Tidak diterbitkan, 2017.

M. Y. Kholifudin, “Pembelajaran Fisika dengan Inkuiri Terbimbing Melalui Metode Eksperimen dan Demonstrasi Ditinjau dari Gaya Belajar Siswa”. 0853-0823, 2012.

S. S. dkk Fidmatan, “Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Talkingstick untuk Meningkatkan Minat dan Hasil Belajar Biologi Siswa pada Materi Pencemaran Lingkungan Kelas Xa di Sma Yapis Manokwari” 5, (1). Hal 1-12, 2016.

K. Y. Gintoe, “pengaruh model pembelajaran kooperatif tipe Talking Stick Terhadap hasil belajar Ipa Fisika Pada Siswa Kelas VII SMP Negeri 9 Palu.” Skripsi, Program Studi Pendidikan Fisika. Jurusan P-MIPA FKIP Universitas Tadulako. Tidak diterbitkan. 2015

S. Siregar, “Pengaruh Model Pembelajaran Talking Stick Terhadap Hasil Belajar dan Aktivitas Visual Siswa Pada Konsep Sistem Indra.” 3 (02). Hal 100-106, 2015.

Sudjana. “Metode Statistik”. Bandung: CV. Tarsito, 2005.

Sugiyono. “Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D”. Bandung: Alfabeta, 2015.

Downloads

Published

2020-05-31

How to Cite

[1]
D. P. Sari, Y. Kendek, and S. Syamsu, “PENGARUH MODEL KOOPERATIF TIPE TALKING STICK DISERTAI METODE EKSPERIMEN TERHADAP HASIL BELAJAR FISIKA PADA PESERTA DIDIK KELAS XI SMA NEGERI 5 PALU”, ME, vol. 16, no. 1, pp. 28–32, May 2020.

Issue

Section

Articles