PENGARUH MODEL KOOPERATIF TIPE TALKING STICK DISERTAI METODE EKSPERIMEN TERHADAP HASIL BELAJAR FISIKA PADA PESERTA DIDIK KELAS XI SMA NEGERI 5 PALU
DOI:
https://doi.org/10.22487/me.v16i1.730Keywords:
talking stick, hasil belajar fisikaAbstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui ada tidaknya pengaruh model pembelajaran kooperatif tipe talking stick disertai metode eksperimen terhadap hasil belajar fisika pada peserta didik kelas XI SMA Negeri 5 Palu. Jenis penelitian ini merupakan eksperimen kuasi dengan desain posttest-only control group design. Teknik sampling yang digunakan dalam penelitian ini adalah proposive sampling dengan sampel penelitian adalah kelas XI MIPA 4 sebagai kelompok eksperimen (n=29) dan kelas XI MIPA 3 sebagai kelompok kontrol (n=30). Pada kelas eksperimen diberi perlakuan dengan menggunakkan model pembelajaran kooperatif tipe Talking Stick dan kelas kontrol menggunakan model pembelajaran Direct Instruction, dimana kedua kelas menggunakan metode eksperimen. Setelah pembelajaran selesai, kedua kelas diberikan tes akhir untuk menguji hasilnya. Berdasarkan hasil dari kedua kelas, dari analisa data diperoleh bahwa skor rata-rata kelompok eksperimen 14,81 dan skor rata-rata kelompok kontrol yaitu 9,03. Berdasarkan hasil uji hipotesis, diperoleh dan pada taraf nyata . Hal ini menunjukan bahwa terdapat pengaruh model pembelajaran kooperatif tipe taling stick disertai metode eksperimen terhadap hasil belajar fisika pada peserta didik kelas XI SMA Negeri 5 Palu.
References
N.Wahidin, “ Penerapan Strategi React dalam Pembelajaran Kontekstual untuk Meningkatkan Hasil Belajar Fisika Siswa Kelas Viiic SMP Negeri 13 Palu”. Skripsi, Program Studi Pendidikan Fisika. Jurusan P-MIPA FKIP Universitas Tadulako. Tiak diterbitkan, 2011.
Noryana, “Meningkatkan Minat Belajar PKN Materi Hak Asasi Manusia MenggunakanModel Pembelajaran Talking Stick pada Siswa Kelas X.A SMA Negeri 11Banjarmasin.” 3, (5). Hal 1-8, 2013.
A. Shoimin, “66 Model Pembelajaran Inofatif dalam Kurikulum 2013”. Yogyakarta : Ar-ruzz media, 2014.
R. Dewi, “Pengaruh Penggunaan Model Pembelajaran Talking Stick Terhadap Peingkatan Hasil Belajar Siswa SMA Inshafuddin”. Skripsi sarjana pada Universitas Islam Negeri Ar-Ranirydarussalam-Banda Aceh. Tidak diterbitkan, 2017.
M. Y. Kholifudin, “Pembelajaran Fisika dengan Inkuiri Terbimbing Melalui Metode Eksperimen dan Demonstrasi Ditinjau dari Gaya Belajar Siswa”. 0853-0823, 2012.
S. S. dkk Fidmatan, “Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Talkingstick untuk Meningkatkan Minat dan Hasil Belajar Biologi Siswa pada Materi Pencemaran Lingkungan Kelas Xa di Sma Yapis Manokwari” 5, (1). Hal 1-12, 2016.
K. Y. Gintoe, “pengaruh model pembelajaran kooperatif tipe Talking Stick Terhadap hasil belajar Ipa Fisika Pada Siswa Kelas VII SMP Negeri 9 Palu.” Skripsi, Program Studi Pendidikan Fisika. Jurusan P-MIPA FKIP Universitas Tadulako. Tidak diterbitkan. 2015
S. Siregar, “Pengaruh Model Pembelajaran Talking Stick Terhadap Hasil Belajar dan Aktivitas Visual Siswa Pada Konsep Sistem Indra.” 3 (02). Hal 100-106, 2015.
Sudjana. “Metode Statistik”. Bandung: CV. Tarsito, 2005.
Sugiyono. “Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D”. Bandung: Alfabeta, 2015.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2020 Dewi Purnama Sari, Yusuf Kendek, Syamsu
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.
Authors who publish with Jurnal Media Eksakta agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License (CC BY-SA 4.0) that allows others to share the work with an acknowledgment of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgment of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work.