PENERAPAN METODE PENEMUAN TERBIMBING UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA PADA MATERI KELILING DAN LUAS DAERAH SEGITIGA DI KELAS VII SMPN 3 TINOMBO SELATAN

Authors

  • Syamsiar
  • Rita Lefrida Universitas Tadulako
  • Anggraini Universitas Tadulako

DOI:

https://doi.org/10.22487/aksioma.v4i1.56

Abstract

Abstrak: Penelitian ini bertujuan untuk memperoleh deskripsi tentang penerapan metode penemuan terbimbing yang dapat meningkatkan hasil belajar siswa pada materi keliling dan luas daerah segitiga di kelas VII SMPN 3 Tinombo Selatan. Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas (PTK) dengan desain penelitian yang mengacu pada Kemmis dan Mc. Taggart yakni: perencanaan, pelaksanaan tindakan, observasi dan refleksi. Jenis data yang digunakan adalah data kualitatif dan data kuantitatif dengan teknik pengumpulan data yaitu observasi, wawancara, catatan lapangan, dan tes. Penelitian ini dilaksanakan dalam dua siklus. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan metode penemuan terbimbing yang dapat meningkatkan hasil belajar siswa pada materi keliling dan luas daerah segitiga di kelas VII SMPN 3 Tinombo Selatan dengan tahap-tahap yaitu: (1) perumuskan masalah, (2) pemrosesan data dan penyusunan konjektur, (3) pemeriksaan dan presentasi konjektur, (4) umpan balik. Pada tahap 1 peneliti merumuskan masalah kedalam bentuk LKS; pada tahap 2 siswa memproses data dan menyusun konjektur dengan mengikuti langkah-langkah pada LKS; pada tahap 3 peneliti memeriksa konjektur dan memberikan kesempatan kepada satu di antara kelompok untuk mempresentasikan konjektur yang mereka temukan; pada tahap 4 peneliti memberikan soal latihan sebagai umpan balik.

Kata kunci: Penemuan terbimbing, hasil belajar, keliling, luas, segitiga

Downloads

Published

2015-03-25

How to Cite

Syamsiar, Rita Lefrida, & Anggraini. (2015). PENERAPAN METODE PENEMUAN TERBIMBING UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA PADA MATERI KELILING DAN LUAS DAERAH SEGITIGA DI KELAS VII SMPN 3 TINOMBO SELATAN. Aksioma, 4(1), 91–102. https://doi.org/10.22487/aksioma.v4i1.56

Issue

Section

Articles

Most read articles by the same author(s)

1 2 > >>