PENERAPAN STRATEGI POLYA UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN SISWA KELAS VIIIC SMP AL-AZHAR PALU DALAM MENYELESAIKAN MASALAH SISTEM PERSAMAAN LINEAR DUA VARIABEL

Authors

  • Anggraini Universitas Tadulako
  • Gandung Sugita Universitas Tadulako

DOI:

https://doi.org/10.22487/aksioma.v3i1.18

Abstract

Abstrak: Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan kemampuan siswa dalam menyelesaikan masalah yang berkaitan dengan SPLDV menggunakan strategi pemecahan masalah model Polya. Penelitian ini dilaksanakan dalam dua siklus yang mengacu pada desain penelitian Kemmis dan Mc Taggart dengan menerapkan langkah-langkah pemecahan masalah model Polya. Berdasarkan indikator ketuntasan yang  telah dicapai oleh subjek dalam penelitian ini untuk masing-masing langkah pemecahan masalah model Polya mencakup: a) Langkah I yakni memahami masalah mencapai 96,55% pada siklus I lalu meningkat menjadi 100% pada siklus II, b) Langkah II yakni membuat perencanaan mencapai 91,38% pada siklus I lalu meningkat menjadi 98,22% pada siklus II, c) Langkah III yakni melaksanakan prencanaan mencapai 91,38% pada siklus I lalu meningkat menjadi 94,65% pada siklus II, d) Langkah IV yakni memeriksa kembali pada solusi yang lengkap  mencapai  82,93% pada siklus I lalu meningkat menjadi 85,74% pada siklus II. Berdasarkan hasil tersebut, dapat disimpulkan bahwa penerapan strategi pemecahan masalah model Polya dapat meningkatkan kemampuan siswa dalam menyelesaikan masalah yang berkaitan dengan SPLDV di kelas VIIIc SMP Al-Azhar Palu.

Kata Kunci : Meningkatkan Kemampuan, Pemecahan Masalah Model Polya, SPLDV

Downloads

Published

2014-03-25

How to Cite

Anggraini, & Sugita, G. . (2014). PENERAPAN STRATEGI POLYA UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN SISWA KELAS VIIIC SMP AL-AZHAR PALU DALAM MENYELESAIKAN MASALAH SISTEM PERSAMAAN LINEAR DUA VARIABEL . Aksioma, 3(1), 91–96. https://doi.org/10.22487/aksioma.v3i1.18

Issue

Section

Articles

Most read articles by the same author(s)

1 2 > >>