Pengaruh model pembelajaran quantum teaching terhadap kemampuan berpikir kritis biologi siswa kelas XI MIA SMA Negeri 5 Barru

Authors

  • Yusrianto Nasir Universitas Sulawesi Barat
  • Amri Program Studi Pendidikan Biologi, Universitas Muhammadiyah Pare-Pare, Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.22487/jbse.v10i2.3026

Abstract

Model pembelajaran Quantum Teaching adalah suatu proses pembelajaran dengan menyediakan latar belakang dan strategi untuk meningkatkan proses belajar mengajar dan membuat proses tersebut menjadi lebih menyenangkan. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran quantum teaching terhadap kemampuan berpikir kritis biologi siswa kelas XI MIA SMA Negeri 5 Barru. Jenis penelitian ini adalah pra-eksperimen. desain peneltian ini adalah one-group pretest-posttets design. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas XI MIA SMA Negeri 5 Barru Tahun Ajaran 2022/2023. Teknik pengambilan sampel dalam penelitian ini adalah Random Sampling dengan pengambilan secara acak, dimana setiap elemen atau anggota populasi memiliki kesempatan yang sama untuk dipilih menjadi sampel. Instrumen penelitian yang digunakan adalah lembar tes berbentuk essai dan lembar observasi. Teknik analisis data dalam penelitian ini yaitu analisis deskriptif dan analisis inferensial. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa model pembelajaran Quantum Teaching efektif diterapkan dalam pembelajaran biologi pada siswa kelas XI MIA3. Hal ini ditunjukkan dengan dengan adanya pengaruh kemampuan berpikir kritis mengalami peningkatan setelah mengikuti pembelajaran biologi yang menerapkan model pembelajaran Quantum Teaching. Peningkatan kemampuan berpikir kritis siswa sebelum dan setelah perlakuan dapat dilihat dari skor rata-rata kemampuan berpikir kritis siswa 46,8% dan 86,8% yang diperlihatkan pada hasil analisis uji-t yaitu Sig < 0,05 yaitu sebesar 0,000.

Downloads

Published

2022-12-25

How to Cite

Nasir, Y., & Amri. (2022). Pengaruh model pembelajaran quantum teaching terhadap kemampuan berpikir kritis biologi siswa kelas XI MIA SMA Negeri 5 Barru. Journal of Biology Science and Education, 10(2), 6–12. https://doi.org/10.22487/jbse.v10i2.3026