Tinjauan Penggunaan Metode Mengajar Guru Geografi Dalam Proses Belajar Mengajar Geografi Di MAN Tomini

Authors

  • Suyuti Program Studi Pendidikan Sejarah, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Tadulako
  • Iis Susanti Program Studi Pendidikan Geografi, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Tadulako

Keywords:

Metode mengajar, persepsi siswa, guru geografi

Abstract

Permasalahan dalam penelitian ini adalah bagaimana penggunaan metode mengajar guru geografi dalam proses belajar mengajar mata pelajaran geografi di MAN Tomini. Metode penelitian ini adalah deskripsi kualitatif. Adapun sampel dalam penelitian ini yaitu 3 orang guru Geografi dan 48 siswa IPS. Pengumpulan data dilakukan melalui observasi, wawancara dan angket. Selanjutnya data yang terkumpul diolah dan dianalisis secara deskriptif dengan menggunakan tiga tahap yaitu: reduksi data, penyajian data, kemudian disimpulkan/diverifikasi. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa guru-guru geografi di MAN Tomini dalam pelaksanaan proses belajar mengajar tidak memiliki perbedaan yang signifikan dalam hal penggunaan metode. Semua guru menggunakan metode ceramah sebagai metode utama. Metode lain yang digunakan adalah metode pemberian tugas dan metode diskusi serta dua metode yang hanya digunakan oleh guru kelas X SOS yakni metode demonstrasi dan metode eksperimen. Persepsi siswa terhadap penggunaan metode mengajar guru cukup bervariasi, menarik, tidak membosankan dan membuat siswa mudah memahami materi serta senang mengikuti pelajaran geografi.

Downloads

Published

2020-06-17

How to Cite

Suyuti, & Iis Susanti. (2020). Tinjauan Penggunaan Metode Mengajar Guru Geografi Dalam Proses Belajar Mengajar Geografi Di MAN Tomini. Jurpis: Jurnal Pendidikan Ilmu Sosial, 17(1), 81–94. Retrieved from https://jurnal.fkip.untad.ac.id/index.php/jurpis/article/view/501