PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE TEAMS GAMES TOURNAMENT (TGT) UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA PADA MATERI BENTUK PANGKAT DI KELAS XB SMA NEGERI 1 SIGI

Authors

  • Fatimah Universitas Tadulako
  • Ibnu Hadjar Universitas Tadulako
  • Anggraini Universitas Tadulako

Abstract

Abstrak:Tujuan penelitian ini yaitu memperoleh deskripsi penerapan model pembelajaran tipe Teams Games Tournament (TGT) untuk meningkatkan hasil belajar siswa pada materi bentuk pangkat di Kelas XB SMA Negeri 1 Sigi. Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas yang mengacu pada desain penelitian oleh Kemmis dan Mc. Taggart. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas XB yang berjumlah 30 siswa terdiri dari 14 siswa laki-laki dan 16 siswa perempuan. Dari subjek penelitian tersebut dipilih 3 orang informan dengan kemampuan tinggi, sedang dan rendah. Penelitian ini dilakukan dalam dua siklus yang setiap siklusnya terdiri dari empat komponen yaitu: 1) Perencanaan, 2) Pelaksanaan tindakan, 3) Observasi, dan 4) Refleksi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan model pembelajaran kooperatif tipe TGT dapat meningkatkan hasil belajar siswa pada materi bentuk pangkat di kelas XB SMA Negeri 1 Sigi, dengan tahapannya yaitu: 1) Penyampaian kelas, 2) Belajar dalam kelompok, 3) Permainan, 4) Pertandingan, dan 5) Penghargaan kelompok.

Kata Kunci: Hasil Belajar, Bentuk pangkat, Pembelajaran Kooperatif Tipe TGT.

 

Abstract:Research aim is obtain description the implementation of the learning model tipe teams games tournament (TGT) to improve learning outcomes student’s on the materials exponential in class XB SMA Negeri 1 Sigi. The research is research class action referring to design research by Kemmis and Mc. Taggart. The subject of this study is a student’s XB amounting to 30 student’s consisting of 14 student’s man and 16 female student’s. This research was conducted in two cycles and each cycles consists of four components namely: 1) planning, 2) the action, 3) observation, and 4) reflection. The technique of data collecting through observation, written test, interview, and notes field. The result showed that the implementatian of learning model cooperative type TGT can improve learning outcomes student’s on the materials exponential in class XB SMA Negeri 1 Sigi, with levels are: 1) presentation of class, 2) learn in the group, 3) game, 4) games, and 5) awards group

 

Keywords: Learning outcomes, Exponential Form, Cooperative Learning TGT.

Downloads

Published

2017-09-24 — Updated on 2017-12-24

How to Cite

Fatimah, Ibnu Hadjar, & Anggraini. (2017). PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE TEAMS GAMES TOURNAMENT (TGT) UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA PADA MATERI BENTUK PANGKAT DI KELAS XB SMA NEGERI 1 SIGI. Jurnal Elektronik Pendidikan Matematika Tadulako, 5(2), 150–161. Retrieved from https://jurnal.fkip.untad.ac.id/index.php/jpmt/article/view/367

Issue

Section

Articles

Most read articles by the same author(s)

1 2 3 4 5 6 > >>