PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN QUANTUM TEACHING UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA PADA MATERI PECAHAN DI KELAS VII A SMP NEGERI 5 SIGI

Authors

  • Ramtisia S. Mandor
  • Maxinus Jaeng Universitas Tadulako
  • Sudarman Bennu Universitas Tadulako

Abstract

Abstrak: Tujuan penelitian ini untuk mendeskripsikan tentang penerapan model pem­belajaran quantum teaching yang dapat meningkatkan hasil belajar siswa pada materi pecahan di Kelas VII SMP Negeri 5 Sigi. Penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang mengacu pada desain penelitian Kemmis dan Mc. Taggart, yakni perencanaan, tindakan dan observasi, serta refleksi. Penelitian ini dilaksanakan dalam dua siklus. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas VII SMP Negeri 5 Sigi yang berjumlah 22 siswa dan dipilih empat siswa sebagai informan. Kriteria keberhasilan tindakan pada penelitian ini yaitu: 1) data hasil aktivitas guru dalam pelaksanaan fase-fase pembelajaran quantum teaching pada lembar observasi minimal berkategori baik, 2) data hasil aktivitas siswa dalam pelaksanaan fase-fase pembe lajaran quantum teaching pada lembar observasi minimal berkategori baik, 3) hasil belajar siswa dikatakan berhasil apabila adanya perubahan kemampuan dalam bidang kognitif setelah menerima pengalaman belajar pada siklus I dan II. Hasil penelitian menunjukkan bahwa melalui penerapan model pembelajaran quantum teaching, hasil belajar siswa meningkat dari siklus I ke siklus II, lembar observasi aktivitas guru dan siswa berada pada kategori baik pada siklus I dan berada pada kategori sangat baik pada siklus II dengan mengikuti fase-fase model pembelajaran quantum teaching sebagai berikut: 1) tumbuhkan, 2) alami, 3) namai, 4) demonstrasikan, 5) ulangi, dan 6) rayakan.

Kata kunci: quantum teaching, hasil belajar, pecahan

Abstract: Aims this research to describe about applying quantum teaching can improve scholastic achievement of students on fractions material in grade VII SMP Negeri 5 Sigi. This research was a classroom action research which refers to Kemmis and Mc.Taggart research design that including were plan, act, observation, and reflection. This research was conducted in two cycles. Subject of research is students of grade VII SMP Negeri 5 Sigi the number of research subject are 22 students and four students were selected as informants. Criteria for the success of the actions in this research are: 1) data is the result of activities of teachers in the implementation fractions of learning quantum teaching on the observation sheet minimal categorized better, 2) data of student activity in the implementation fractions of learning quantum teaching on the observation sheet minimal category better, 3) achievement of students is success if  differentiate kognitif knowledge after study gived experience from cycle I to cycle II. The results show that through the application of learning models quantum teaching, scholastic achievement of students increased by cycle I to cycle II, the observation sheet activities of teachers and students are in the good category in cycle I and are in the category of very both in cycle II according to phase of quantum teaching, they are: 1) grow up, 2) experience, 3) named, 4) demonstration, 5) review, and 6) celebrate.

Keyword: quantum teaching, scholastic achievement, fractions

Downloads

Published

2017-09-24 — Updated on 2017-12-24

How to Cite

Ramtisia S. Mandor, Maxinus Jaeng, & Sudarman Bennu. (2017). PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN QUANTUM TEACHING UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA PADA MATERI PECAHAN DI KELAS VII A SMP NEGERI 5 SIGI. Jurnal Elektronik Pendidikan Matematika Tadulako, 5(2), 113–125. Retrieved from https://jurnal.fkip.untad.ac.id/index.php/jpmt/article/view/364

Issue

Section

Articles

Most read articles by the same author(s)

1 2 3 4 > >>