PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN CARA PERSEORANGAN DAN KELOMPOK KECIL UNTUK MENINGKATKAN KETERAMPILAN SISWA KELAS VII A SMP NEGERI 1 SOJOL UTARA PADA MATERI MELUKIS SUDUT

Authors

  • Nursusanti
  • Anggraini Universitas Tadulako
  • Gandung Sugita Universitas Tadulako

Abstract

Abstrak: Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan tentang penerapan model pembelajaran cara Perseorangan dan Kelompok Kecil (model PPKK) untuk meningkatkan keterampilan siswa kelas VII A SMP Negeri 1 Sojol Utara pada materi melukis sudut. Penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang mengacu pada desain penelitian Kemmis dan Mc. Taggart, yakni perencanaan, tindakan, observasi, dan  refleksi. Data yang dikumpulkan pada penelitian ini melalui lembar observasi, catatan lapangan, dan data hasil pekerjaan siswa. Penelitian  ini dilaksanakan dalam dua siklus. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas VII A SMP Negeri 1 Sojol Utara yang terdaftar pada tahun ajaran 2016/2017 yang berjumlah 26 siswa dan dipilih satu siswa dalam setiap kelompok sebagai informan. Hasil penelitian menunjukan bahwa pengamatan aktivitas guru pada siklus I yaitu memperoleh krtiteria taraf keberhasilan baik, dan mengalami peningkatan pada siklus II yaitu memperoleh kriteria taraf keberhasilan sangat baik. Hasil pengamatan aktivitas siswa pada siklus I memperoleh kriteria taraf keberhasilan baik, dan mengalami peningkatan pada siklus II yaitu memperoleh kriteria taraf keberhasilan sangat baik. Hasil pengamatan keterampilan siswa siklus I yakni 2 siswa yang kurang terampil dan 24 siswa yang tidak terampil dan mengalami peningkatan pada siklus II, dengan hasil pengamatan keterampilan siswa adalah 2 siswa yang terampil dan 24 siswa yang kurang terampil. Berdasarkan hasil penelitian yang diperoleh, maka dapat disimpulkan bahwa penerapan model pembelajaran cara perseorangan dan kelompok kecil (model PPKK) dapat meningkatkan keterampilan siswa kelas VII A SMP Negeri 1 Sojol Utara pada materi melukis sudut melalui tahap-tahap sebagai berikut: 1) pembukaan/pengantar, 2) informasi, demonstrasi dan aktivitas perseorangan, 3) informasi dan aktivitas kelompok, 4) kuis evaluasi, dan 5) penutup.

Kata Kunci :model PPKK, keterampilan, melukis sudut.

Abstract: This research aimed to describe the application of learning of Individual way and small group (Model PPKK) to improved skills of students in class VII A SMP Negeri 1 Sojol Utara on painting corner. This research was a classroom action research which refers to the design of Kemmis’ and Mc.Taggart, namely planning, action, observation, and reflection. The technique of data collection was obtained through observation sheets, field notes, and the data of  student work. This research was conducted in two cycles. The subjects were students in class VII A SMP Negeri 1 Sojol Utara in the academic year 2016/2017. The subjects consist of 26 students and one student of every group was chosen as the informant. The results of this research indicating that the observation result of teacher’s activity in cycle I obtain success level criteria that is good, and increased in cycle II that is obtain a very good level criteria. While in the observation result of student’s activity in cycle I obtain success level criteria that is good, and increased in cycle II that is obtain a very good level criteria. The observation of the student's skills cycle I of the 2 students who are less skilled and 24 students unskilled and increased in the cycle II, with observations of student skills is a 2 students who are skilled and 24 students who are less skilled. Based on research results obtained ,so that can be concluded that learning of Individual way and small group (Model PPKK) can  improve skills of students in class VII A SMP Negeri 1 Sojol Utara on painting corner through the following phases: 1) opening / introduction, 2) information, demonstrations and activities of individuals, 3) information and group activities, 4) evaluation quiz, and 5) Closing.

Keywords: ppkk model , skills , paint angles .

Downloads

Published

2017-03-22

How to Cite

Nursusanti, Anggraini, & Gandung Sugita. (2017). PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN CARA PERSEORANGAN DAN KELOMPOK KECIL UNTUK MENINGKATKAN KETERAMPILAN SISWA KELAS VII A SMP NEGERI 1 SOJOL UTARA PADA MATERI MELUKIS SUDUT. Jurnal Elektronik Pendidikan Matematika Tadulako, 4(3), 358–368. Retrieved from https://jurnal.fkip.untad.ac.id/index.php/jpmt/article/view/332

Issue

Section

Articles

Most read articles by the same author(s)

1 2 3 4 5 6 > >>