PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN LANGSUNG MENGGUNAKAN PEMECAHAN MASALAH POLYA UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN SISWA MENYELESAIKAN SOAL CERITA PROGRAM LINEAR KELAS XI SMA NEGERI 4 PALU

Authors

  • Desi Natalia Tompira Universitas Tadulako
  • Abdul Hamid Universitas Tadulako
  • Evie Awuy Universitas Tadulako

Abstract

Abstrak: Tujuan penelitian  ini adalah untuk  memperoleh deskripsi tentang penerapan model pembelajaran langsung menggunakan pemecahan masalah Polya untuk meningkatkan kemampuan siswa menyelesaikan soal cerita program linear kelas XI MIA 6 SMA Negeri 4 Palu. Jenis penelitian ini adalah peneliti­an tindakan  kelas (PTK) dan desain penelitian  yang mengacu pada model Kemmis dan Mc. Taggart yakni perencanaan, tindakan, pengamatan dan refleksi. Jenis data yang digunakan adalah data kualitatif dan data kuantitatif dengan teknik pengumpulan data yaitu observasi, wawancara, catatan lapangan, dan tes. Penelitian ini dilaksanakan dalam dua siklus dan masing-masing  siklus dilaksanakan dalam dua kali pertemuan. Berdasarkan  hasil penelitian  ini menunjukan  bahwa penerapan pemecahan masalah Polya yang dapat meningkatkan kemampuan siswa pada materi soal cerita program linier di kelas XI MIA 6 SMA Negeri 4 Palu, dengan mengikuti langkah-langkah sebagai berikut: (1) memahami masalah, (2) merencanakan cara penyelesaian, (3) melaksanakan rencana pemecahan masalah dan (4) melihat kembali solusi lengkap.

Kata Kunci: pemecahan masalah Polya, soal cerita dan program linear.

Abstract: The purpose of this research is to obtain a description about the application of direct learning models using Polya problem solving to improves the student ability in completing the word problems of linear program at grade XI MIA 6 students of SMA Negeri 4 Palu. This was a classroom action research. design refers to the design of the research Kemmis and Mc. Taggart, that is planning, action and observation, and reflection. Types of data used is qualitative data and quantitative data with data collection techniques are observation, interviews, field notes, and test. This research was conducted in two cycles and each cycle was conducted in two sessions. Based on the results of this research indicate that the application of Polya problem solving to improves the student ability in completing the word problems of linear program at grade XI MIA 6 students of SMA Negeri 4 Palu, by following the steps as follows: (1) understand the problem, (2) the plan of settlement, (3) implement plans of problem solving and (4) look back at the complete solution.

Keywords: Polya problem solving, word problem, and linear program.

Downloads

Published

2016-09-25

How to Cite

Desi Natalia Tompira, Abdul Hamid, & Evie Awuy. (2016). PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN LANGSUNG MENGGUNAKAN PEMECAHAN MASALAH POLYA UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN SISWA MENYELESAIKAN SOAL CERITA PROGRAM LINEAR KELAS XI SMA NEGERI 4 PALU. Jurnal Elektronik Pendidikan Matematika Tadulako, 4(1), 610–621. Retrieved from https://jurnal.fkip.untad.ac.id/index.php/jpmt/article/view/313

Issue

Section

Articles

Most read articles by the same author(s)

1 2 3 4 > >>