PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN LANGSUNG MENGGUNAKAN PEMECAHAN MASALAH POLYA UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN SISWA MENYELESAIKAN SOAL CERITA PROGRAM LINEAR KELAS XI SMA NEGERI 4 PALU
Abstract
Abstrak: Tujuan penelitian ini adalah untuk memperoleh deskripsi tentang penerapan model pembelajaran langsung menggunakan pemecahan masalah Polya untuk meningkatkan kemampuan siswa menyelesaikan soal cerita program linear kelas XI MIA 6 SMA Negeri 4 Palu. Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas (PTK) dan desain penelitian yang mengacu pada model Kemmis dan Mc. Taggart yakni perencanaan, tindakan, pengamatan dan refleksi. Jenis data yang digunakan adalah data kualitatif dan data kuantitatif dengan teknik pengumpulan data yaitu observasi, wawancara, catatan lapangan, dan tes. Penelitian ini dilaksanakan dalam dua siklus dan masing-masing siklus dilaksanakan dalam dua kali pertemuan. Berdasarkan hasil penelitian ini menunjukan bahwa penerapan pemecahan masalah Polya yang dapat meningkatkan kemampuan siswa pada materi soal cerita program linier di kelas XI MIA 6 SMA Negeri 4 Palu, dengan mengikuti langkah-langkah sebagai berikut: (1) memahami masalah, (2) merencanakan cara penyelesaian, (3) melaksanakan rencana pemecahan masalah dan (4) melihat kembali solusi lengkap.
Kata Kunci: pemecahan masalah Polya, soal cerita dan program linear.
Abstract: The purpose of this research is to obtain a description about the application of direct learning models using Polya problem solving to improves the student ability in completing the word problems of linear program at grade XI MIA 6 students of SMA Negeri 4 Palu. This was a classroom action research. design refers to the design of the research Kemmis and Mc. Taggart, that is planning, action and observation, and reflection. Types of data used is qualitative data and quantitative data with data collection techniques are observation, interviews, field notes, and test. This research was conducted in two cycles and each cycle was conducted in two sessions. Based on the results of this research indicate that the application of Polya problem solving to improves the student ability in completing the word problems of linear program at grade XI MIA 6 students of SMA Negeri 4 Palu, by following the steps as follows: (1) understand the problem, (2) the plan of settlement, (3) implement plans of problem solving and (4) look back at the complete solution.
Keywords: Polya problem solving, word problem, and linear program.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2016 Author
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.