PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF NUMBERED HEAD TOGETHER (NHT) UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA PADA MATERI FAKTORISASI ALJABAR DI KELAS VIII SMP NEGERI 1 MARAWOLA

Authors

  • Alyu Pratika
  • Muh. Hasbi Universitas Tadulako
  • Baharuddin Paloloang Universitas Tadulako

Abstract

Abstrak: Penelitian ini bertujuan untuk memperoleh deskripsi penerapan model pembelajaran kooperatif numbered head together (NHT) yang dapat meningkatkan hasil belajar siswa pada materi faktorisasi aljabar di kelas VIII SMP Negeri 1 Marawola. Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas (PTK). Rancangan penelitian mengacu pada desain penelitian Kemmis dan Mc. Taggart yakni (1) perencanaan, (2) pelaksanaan tindakan, (3) observasi, dan (4) refleksi. Subjek penelitian yaitu seluruh siswa kelas VIIIB SMP Negeri 1 Marawola tahun ajaran 2015/2016 yang terdiri dari 13 siswa perempuan dan 7 siswa laki-laki. Hasil penelitian menunjukkan bahwa melalui penerapan model pembelajaran kooperatif NHT hasil belajar siswa kelas VIII SMP Negeri 1 Marawola pada materi faktorisasi aljabar meningkat sesuai kriteria keberhasilan tindakan mengikuti fase-fase NHT, yaitu: 1) persiapan siswa dan penyampaian tujuan pembelajaran, 2) penyajian informasi, 3) penomoran, 4) pengajuan pertanyaan (questioning), 5) berpikir bersama (heading together), 6) pemberian jawaban (answering), dan 7) pemberiaan penghargaan.

Kata kunci: kooperatif tipe NHT, hasil belajar, faktorisasi aljabar.

Abstract: This research was aimed at gaining the description of the implementation of cooperative learning model numbered head together (NHT) that can improve the students’ achievement in algebra factoring in grade VIII SMP Negeri 1 Marawola. This research was the class action research (CAR). The research design referred to the research design proposed by Kemmis and Mc. Taggart in which (1) planning, (2) action, (3) observation, and (4) reflection. The subject of this research was the students of grade VIIIB SMP Negeri 1 Marawola 2015/2016 learning year consisting of 13 girl students and 7 boy students. The results of the study showed that through the implementation of cooperative learing model NHT students learning of grade VIII SMP Negeri 1 Marawola achievement of the material algebra factoring ini accordance success criteria action, referring to the following phases, (1) preparing the students and delivering instructional objective, (2) telling information, (3) numbering, (4) questioning, (5) heading together (6) answering, and (7) rewarding.

Keywords: cooperative learning of NHT, achievement, algebra factoring.

Downloads

Published

2016-09-25 — Updated on 2016-09-25

How to Cite

Alyu Pratika, Muh. Hasbi, & Baharuddin Paloloang. (2016). PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF NUMBERED HEAD TOGETHER (NHT) UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA PADA MATERI FAKTORISASI ALJABAR DI KELAS VIII SMP NEGERI 1 MARAWOLA. Jurnal Elektronik Pendidikan Matematika Tadulako, 4(1), 505–517. Retrieved from https://jurnal.fkip.untad.ac.id/index.php/jpmt/article/view/305

Issue

Section

Articles

Most read articles by the same author(s)

1 2 3 4 5 6 7 > >>