PENERAPAN PENDEKATAN SCIENTIFIC UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA PADA MATERI KELILING DAN LUAS DAERAH LINGKARAN DI KELAS VIII MTsN PALU SELATAN

Authors

  • Widya Wulandari
  • Anggraini
  • I Nyoman Murdiana

Abstract

Abstrak: Tujuan penelitian ini adalah untuk memperoleh deskripsi penerapan pendekatan scientific yang dapat meningkatkan hasil belajar siswa pada materi keliling dan luas daerah lingkaran di kelas VIII B MTsN Palu Selatan. Desain penelitian ini mengacu pada desain penelitian Arikunto, dkk yakni (1) perencanaan, (2) pelaksanaan tindakan, (3) observasi dan (4) refleksi. Penelitian ini dilakukan dalam dua siklus. Data yang dikumpulkan pada penelitian ini adalah data aktifitas guru dan siswa dalam proses pembelajaran dan data hasil tes ahir tindakan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan pendekatan scientific dapat meningkatkan hasil belajar siswa kelas VIII MTsN Palu Selatan pada materi keliling dan luas daerah lingkaran mengikuti langkah-langkah, yaitu (1) mengamati, siswa mengamati fakta-fakta yang mereka temukan. (2) menanya, peneliti dan siswa melakukan tanya jawab terkait hal yang diamati. (3) menalar, siswa mengolah data yang diperoleh dari kegiatan menanya untuk memperoleh kesimpulan. (4) mencoba, siswa mengerjakan soal secara berkelompok. (5) membentuk jejaring, siswa bersama kelompoknya mempresentasikan hasil kerja kelompoknya di depan kelas.

Kata kunci: Pendekatan Scientific, hasil belajar, keliling dan luas daerah lingkaran.

 Abstract: This study aims to obtain a description of the application of scientific approaches on the material and the area around the circle that can improve student learning outcomes of class VIII MTsN South Palu. The research design refers to the design of research  Arikunto, dkk namely (1) planning, (2) action, (3) observation, and (4) reflection. This research were conducted in two cycle. This research collects data about teacher’s activities while manage learning, data about student’s activities while attent learning and testing after action. The results showed that the application of a scientific approach can improve learning outcomes in the material and the area around the circle at MTsN South Palu with the following steps: (1) observing, students observe the facts they find. (2) questioning, the researchers and student did questioning and answering to the case observed.  (3) associating, students process the data obtained from the activity ask for the conclusion. (4) experimenting, students work on the problems in groups. (5) networking, student and his group presented the group's work to the class.

Key words: Scientific Approaches, Student Learning Outcomes, Circumference and Area Circle.

Downloads

Published

2015-12-15

How to Cite

Widya Wulandari, Anggraini, & I Nyoman Murdiana. (2015). PENERAPAN PENDEKATAN SCIENTIFIC UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA PADA MATERI KELILING DAN LUAS DAERAH LINGKARAN DI KELAS VIII MTsN PALU SELATAN. Jurnal Elektronik Pendidikan Matematika Tadulako, 3(2), 220–232. Retrieved from https://jurnal.fkip.untad.ac.id/index.php/jpmt/article/view/282

Issue

Section

Articles

Most read articles by the same author(s)

1 2 3 4 5 6 7 > >>