PROFIL KEMAMPUAN KONEKSI MATEMATIS SISWA KELAS VIII SMPN 3 TOLITOLI DALAM MENYELESAIKAN SOAL CERITA DITINJAU DARI GAYA BELAJAR

Authors

  • Ahiruddin
  • Pathuddin Pendidikan Matematika FKIP, Universitas Tadulako
  • Muh. Hasbi Pendidikan Matematika FKIP, Universitas Tadulako

Keywords:

Kemampuan Koneksi Matematis, Sistem Persamaan Linear Dua Variabel, Gaya Belajar siswa

Abstract

Penelitian  ini bertujuan untuk memperoleh deskripsi atau gambaran tentang kemampuan koneksi matematis kelas VIII SMPN 3 Tolitoli pada materi sistem persamaan liniear dua variabel. Jenis penelitian ini adalah deskriptif dengan pendekatan kualitatif. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas VIII SMPN 3 Tolitoli yang bergaya belajar visual, auditorial dan kinestetik. Data dikumpul melalui angket gaya belajar, tes tertulis dan wawancara. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa subjek bergaya belajar visual yaitu SB dapat mengenali bidang studi lain yang berkaitan dengan masalah, dapat menggunakan hubungan antar konsep matematika dan dapat menghubungkan konsep matematika ke dalam kehidupan nyata atau kehidupan sehari-hari. Subjek bergaya belajar auditorial yaitu HA dapat menghubungkan konsep matematika ke dalam kehidupan nyata atau kehidupan sehari-hari. Tetapi subjek tidak dapat mengenali bidang studi lain yang berkaitan dengan masalah yang diberikan serta subjek masih kurang dalam menghubungkan antar konsep matematika yang digunakan. Subjek bergaya belajar kinestetik yaitu ZA tidak mengenali bidang studi lain yang berkaitan dengan masalah. Subjek bergaya belajar kinestetik tidak dapat menggunakan hubungan antar konsep matematika pada masalah yang akan diselesaikan, dan tidak dapat menghubungkan konsep matematika ke dalam kehidupan nyata. Karena subjek bergaya belajar kinestetik tidak dapat menyelesaikan masalah yang diberikan

Downloads

Published

2022-09-30

How to Cite

Ahiruddin, Pathuddin, & Muh. Hasbi. (2022). PROFIL KEMAMPUAN KONEKSI MATEMATIS SISWA KELAS VIII SMPN 3 TOLITOLI DALAM MENYELESAIKAN SOAL CERITA DITINJAU DARI GAYA BELAJAR. Jurnal Elektronik Pendidikan Matematika Tadulako, 10(1), 14–24. Retrieved from https://jurnal.fkip.untad.ac.id/index.php/jpmt/article/view/2573

Issue

Section

Articles

Most read articles by the same author(s)

1 2 3 4 > >>