PROFIL REPRESENTASI MATEMATIS SISWA DALAM MENYELESAIKAN MASALAH PERSAMAAN LINEAR YANG BERKAITAN DENGAN KELILING DAN LUAS PERSEGI PANJANG DI KELAS VII E SMP NEGERI 15 PALU

Authors

  • A.A Yudistira
  • Anggraini Pendidikan Matematika FKIP-Universitas Tadulako
  • Sudarman Bennu Pendidikan Matematika FKIP, Universitas Tadulako

Keywords:

Profil, representasi, penyelesaian masalah, persamaan linear, , keliling dan luas persegi panjang

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsi representasi matematis siswa dalam menyelesaikan masalah persamaan linear yang berkaitan dengan keliling dan luas persegi panjang di kelas VII E SMP Negeri 15 Palu. Jenis penelitian ini adalah deskriptif-kualitatif. Subjek penelitian ini adalah 3 siswa kelas VII E SMP Negeri 15 Palu yang terdiri atas satu siswa berkemampuan tinggi, satu sedang dan satu rendah. Pengumpulan data dilakukan dengan metode tugas dan wawancara. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa: (1) Siswa berkemampuan tinggi, sedang dan rendah dalam memahami masalah dapat menggunakan representasi simbolik dan representasi verbal (2) Siswa berkemampuan tinggi dan sedang dalam merencanakan penyelesaian masalah dapat menggunakan representasi verbal. Sedangkan siswa berkemampuan  rendah masih bingung menentukan penyelesaian masalah. (3) Siswa berkemampuan tinggi dalam melaksanakan  masalah dapat menyelesaikan masalah dengan lengkap yaitu menggunakan representasi visual, representasi simbolik dan representasi verbal. Siswa berkemampuan sedang  dan rendah  hanya  menggunakan representasi simbolik. (4) Siswa berkemampuan tinggi memeriksa kembali jawaban dengan  menggunakan representasi verbal. Sedangkan siswa berkemampuan sedang dan rendah tidak memeriksa kembali jawaban, sehingga tidak ada menggunakan representasi matematis pada saat memeriksa kembali.

Downloads

Published

2022-09-30

How to Cite

A.A Yudistira, Anggraini, & Sudarman Bennu. (2022). PROFIL REPRESENTASI MATEMATIS SISWA DALAM MENYELESAIKAN MASALAH PERSAMAAN LINEAR YANG BERKAITAN DENGAN KELILING DAN LUAS PERSEGI PANJANG DI KELAS VII E SMP NEGERI 15 PALU. Jurnal Elektronik Pendidikan Matematika Tadulako, 10(1), 1–13. Retrieved from https://jurnal.fkip.untad.ac.id/index.php/jpmt/article/view/2572

Issue

Section

Articles

Most read articles by the same author(s)

1 2 3 4 5 6 > >>