PENERAPAN STRATEGI POLYA UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA PADA MATERI SOAL CERITA PERSEGI PANJANG DI KELAS VII SMP NEGERI 19 PALU

Authors

  • Moh. Nur’Amal
  • Baharuddin Paloloang
  • Abdul Hamid

Abstract

 

Abstrak: Tujuan penelitian  ini adalah untuk  memperoleh deskripsi tentang penerapan strategi Polya yang dapat meningkatkan hasil belajar siswa pada materi soal cerita persegi  panjang di  kelas VII  SMP Negeri 19 Palu. Jenis penelitian ini adalah peneliti­an tindakan  kelas (PTK) dan desain penelitian  yang mengacu pada model Kemmis dan Mc. Taggart yakni perencanaan, tindakan, pengamatan dan refleksi. Jenis data yang digunakan adalah data kualitatif dan data kuantitatif dengan teknik pengumpulan data yaitu observasi, wawancara, catatan lapangan, dan tes. Penelitian ini dilaksanakan dalam dua siklus dan masing-masing  siklus dilaksanakan dalam dua kali pertemuan. Berdasarkan  hasil penelitian  ini menunjukan  bahwa penerapan strategi Polya yang dapat meningkatkan hasil belajar siswa pada materi soal cerita persegi panjang di kelas VII  SMP Negeri 19 Palu, dengan mengikuti langkah-langkah sebagai berikut: (1) memahami masalah, (2) merencanakan cara penyelesaian, (3) melaksanakan rencana pemecahan masalah, dan (4) melihat kembali solusi lengkap.

Kata Kunci: strategi Polya, hasil belajar, soal cerita dan persegi panjang.

Abstract: The purpose of this research is to obtain a description about the application of Polya strategies that can improve student learning outcomes in a rectangular material about the word problem in class VII SMP Negeri 19 Palu. This was a classroom action research. design refers to the design of the research Kemmis and Mc. Taggart, that is planning, action and observation, and reflection. Types of data used is qualitative data and quantitative data with data collection techniques are observation, interviews, field notes, and test. This research was conducted in two cycles and each cycle was conducted in two sessions. Based on the results of this research indicate that the application of Polya strategies that can improve student learning outcomes in a rectangular material about the word problem in class VII SMP 19 Palu, by following the steps as follows: (1) understand the problem, (2) the plan of settlement, (3) implement plans of problem solving, and (4) look back at the complete solution.

Keywords: Polya strategy, learning outcomes, word problem, rectangular.

Downloads

Published

2015-06-20

How to Cite

Moh. Nur’Amal, Baharuddin Paloloang, & Abdul Hamid. (2015). PENERAPAN STRATEGI POLYA UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA PADA MATERI SOAL CERITA PERSEGI PANJANG DI KELAS VII SMP NEGERI 19 PALU. Jurnal Elektronik Pendidikan Matematika Tadulako, 2(4), 363–373. Retrieved from https://jurnal.fkip.untad.ac.id/index.php/jpmt/article/view/257

Issue

Section

Articles

Most read articles by the same author(s)

1 2 3 4 5 6 > >>