PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE STUDENT TEAMS ACHIEVMENT DIVISION (STAD) UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA PADA MATERI PERSAMAAN KUADRAT DI KELAS X MIPA 1 SMA NEGERI 5 PALU GENDER DI SMP NEGERI 15 PALU

Authors

  • Lia Ariyati Lapahu
  • I Nyoman Murdiana
  • Anggraini Universitas Tadulako

Keywords:

penerapan model pembelajaran kooperatif tipe STAD, hasil belajar, persamaan kuadrat

Abstract

Tujuan penelitan ini adalah untuk memperoleh deskripsi penerapan model pembelajaran kooperatif tipe Student Teams Achievment Division (STAD) yang dapat meningkatkan hasil belajar siswa pada materi persamaan kuadrat di kelas X MIPA 1 SMA Negeri 5 Palu. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas X MIPA 1 SMA Negeri 5 Palu yang berjumlah 31 orang dan dipilih 3 orang siswa sebagai informan. Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas. Desain penelitian ini mengacu  pada model Kemmis dan Mc Taggart  yaitu perencanaan, pelaksanaan tindakan,  observasi dan refleksi. Hasil penelitian menunjukkan pada tes akhir siklus I terdapat 20 orang siswa yang tuntas dan 11 orang siswa yang tidak tuntas dengan persentase ketuntasan klasikal yangdicapai sebesar 64,51%. Sedangkan pada siklus II terdapat 24 siswa yang tuntas dan 6 siswa yang tidak tuntas dengan persentase ketuntasan  klasikal yang dicapai sebesar  80,00%. Sehingga dapat disimpulkan bahwa pembelajaran kooperatif tipe STAD dapat  meningkatkan hasil belajar siswakelas X MIPA 1 SMA Negeri 5 Palu pada materi persamaan kuadrat, dengan tahapannya yaitu: 1) menyampaikan tujuan dan memotivasi siswa, 2) menyampaikan informasi, 3) mengorganisasikan siswa dalam kelompok-kelompok belajar, 4) membimbing kelompok bekerja dan belajar, 5) evaluasi, 6) memberikan penghargaan.

 

Downloads

Published

2021-09-22

How to Cite

Lia Ariyati Lapahu, I Nyoman Murdiana, & Anggraini. (2021). PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE STUDENT TEAMS ACHIEVMENT DIVISION (STAD) UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA PADA MATERI PERSAMAAN KUADRAT DI KELAS X MIPA 1 SMA NEGERI 5 PALU GENDER DI SMP NEGERI 15 PALU. Jurnal Elektronik Pendidikan Matematika Tadulako, 9(1), 62–72. Retrieved from https://jurnal.fkip.untad.ac.id/index.php/jpmt/article/view/1358

Issue

Section

Articles

Most read articles by the same author(s)

1 2 3 4 5 6 7 > >>