PERBEDAAN HASIL BELAJAR SISWA PADA MATERI FUNGSI MENGGUNAKAN MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM BASED LEARNING DAN MODEL PEMBELAJARAN LANGSUNG DIKELAS VIII SMP NEGERI 3 MEPANGA

Authors

  • Masruri
  • Mustamin Idris Universitas Tadulako
  • Muh. Rizal Universitas Tadulako

DOI:

https://doi.org/10.22487/aksioma.v7i2.192

Abstract

Abstrak: Tujuan penelitian ini adalah 1). Untuk memperoleh perbedaan hasil belajar siswa pada materi fungsi menggunakan model pembelajaran PBL dan model pembelajaran langsung di Kelas VIII SMP Negeri 3 Mepanga. 2) Untuk memperoleh model pembelajaran yang memberikan hasil belajar siswa yang lebih baik antara model pembelajaran PBL dan model pembelajaran langsung pada materi fungsi di kelas VIII siswa SMP Negeri 3 Mepanga. Uji hipotesis menggunkan uji t pihak kanan. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif eksperimen dengan rancangan penelitian menggunakan One-Shot Case Study Design. Populasi penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VIII SMP Negeri 3 Mepanga yang terdaftar pada tahun ajaran 2017/2018 dan terdiri dari 4 kelas yang berjumlah 111 siswa. ­Teknik pengambilan sampel dilakukan dengan simple random sampling. Kelas yang menjadi sampel penelitian adalah siswa kelas VIIIA  sebagai kelas PBL yang berjumlah 28 orang dan siswa kelas VIIID sebagai kelas pembelajaran langsung yang berjumlah 28 orang. Hasil analisis data diperoleh nilai rata-rata kelas VIIIA 71,07 dengan standar deviasi 15,08 dan kelas VIIID 63,04 dengan standar deviasi 13,61. Berdasarkan perhitungan untuk uji hipotesis pihak kanan diperoleh thitung = 2,09 dan ttabel = 1,681 pada taraf signifikan 0,05, karena nilai thitung > ttabel, maka H0 ditolak dan H1 diterima. Sehingga untuk hipotesis pihak kanan dapat disimpulkan model pembelajaran problem based learning memberikan hasil belajar siswa lebih baik pada materi fungsi kelas VIII SMP Negeri 3 Mepanga daripada model pembelajaran langsung.     

Kata Kunci:          Model pembelajaran problem based learning, model pembelajaran langsung, hasil belajar.

Abstract: The purpose of this study is 1). To obtain differences in student learning outcomes on functional materials using PBL learning model and direct learning model in Class VIII SMP Negeri 3 Mepanga. 2) To obtain a learning model that provides better student learning outcomes between the PBL learning model and the direct learning model on the functional material in class VIII students of SMP Negeri 3 Mepanga. Hypothesis test using right side t test. This research is a quantitative research experiment with research design using One-Shot Case Study Design. The population of this study is all students of class VIII SMP Negeri 3 Mepanga registered in the academic year 2017/2018 and consists of 4 classes amounting to 111 students. Teknik sampling technique is done by simple random sampling. The class that is the research sample is the students of class VIIIA as the PBL class which is 28 people and the students of class VIIID as the direct learning class which is 28 people. The result of data analysis obtained the average value of class VIIIA 71,07 with standard deviation 15,08 and class VIIID 63,04 with standard deviation 13,61. Based on the calculation for right side hypothesis test obtained thitung = 2.09 and ttable = 1.681 at significant level 0.05, because tcount> ttable, then H0 is rejected and H1 accepted. So for the right-handed hypothesis can be concluded that the learning-based model of learning-based learning gives better learning outcomes of students on the subject matter of class VIII SMP Negeri 3 Mepanga than the direct learning model.

Keywords: Problem-based learning model, direct learning model, learning outcomes.

Downloads

Published

2018-09-25

How to Cite

Masruri, Mustamin Idris, & Muh. Rizal. (2018). PERBEDAAN HASIL BELAJAR SISWA PADA MATERI FUNGSI MENGGUNAKAN MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM BASED LEARNING DAN MODEL PEMBELAJARAN LANGSUNG DIKELAS VIII SMP NEGERI 3 MEPANGA. Aksioma, 7(2), 170–180. https://doi.org/10.22487/aksioma.v7i2.192

Issue

Section

Articles

Most read articles by the same author(s)