PENERAPAN METODE DRILL DALAM MODEL PEMBELAJARAN DISCOVERY LEARNING UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA PADA MATERI PERKALIAN DAN PEMBAGIAN BENTUK ALJABAR DI KELAS VII A SMP LABSCHOOL UNTAD PALU

Authors

  • Dwiyanto A. Sondi
  • Muh. Rizal Universitas Tadulako
  • Linawati Universitas Tadulako

DOI:

https://doi.org/10.22487/aksioma.v7i1.184

Abstract

Abstrak: Permasalahan pada penelitian (PTK) ini adalah rendahnya hasil belajar siswa pada materi perkalian dan pembagian bentuk aljabar di Kelas VII A SMP Labschool UNTAD Palu. Dalam upaya untuk meningkatkan hasil belajar siswa pada materi perkalian dan pembagian bentuk aljabar, dilakukan pembelajaran dengan menerapkan metode drill dalam model pembelajaran discovery learning. Penerapan metode dimaksud, agar siswa dapat menemukan sendiri melalui latihan-latihan soal sehingga pembelajaran menjadi lebih bermakna dan berdampak pada peningkatan hasil belajar siswa. Rancangan penelitian ini mengacu pada desain penelitian tindakan kelas (PTK) Kemmis dan Mc. Taggart yakni  (1) perencanaan, (2) pelaksanaan tindakan, (3) observasi dan (4) refleksi. Penelitian ini dilakukan dalam dua siklus melalui langkah-langkah sebagai berikut: (1) stimulation, (2) problem statement, (3) data collection, (4) data processing, (5) verification, (6) generalization. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan metode drill dalam model pembelajaran discovery learning dapat meningkatkan hasil belajar siswa pada materi perkalian dan pembagian bentuk aljabar.

Kata Kunci: Metode Drill; Model Pembelajaran Discovery Learning; Hasil Belajar; perkalian dan pembagian bentuk aljabar.

Abstract: The problems in this research (PTK) is the low student learning outcomes on multiplication materials and algebraic divisions in Class VII A SMP Labschool UNTAD Palu. In an effort to improve student learning outcomes on multiplication and division of algebraic expression, learning is done by applying the drill method in discovery learning model. Implementation of the intended method, so that students can find themselves through the exercise questions so that learning becomes more meaningful and impact on improving student learning outcomes. The design of this study refers to the design of classroom action research (PTK) Kemmis and Mc. Taggart ie (1) planning, (2) implementation of action, (3) observation and (4) reflection. This research was conducted in two cycles through the following steps: (1) stimulation, (2) problem statement, (3) data collection, (4) data processing, (5) verification, (6) generalization. The results showed that the application of drill method in learning discovery learning model can improve student learning outcomes in multiplication and division of algebraic expression..

Key Words: Drill Method; Discovery Learning Model; Learning Outcomes; Multiplication and Division of Algebraic Expression.

Downloads

Published

2018-03-21

How to Cite

Dwiyanto A. Sondi, Muh. Rizal, & Linawati. (2018). PENERAPAN METODE DRILL DALAM MODEL PEMBELAJARAN DISCOVERY LEARNING UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA PADA MATERI PERKALIAN DAN PEMBAGIAN BENTUK ALJABAR DI KELAS VII A SMP LABSCHOOL UNTAD PALU. Aksioma, 7(1), 87–99. https://doi.org/10.22487/aksioma.v7i1.184

Issue

Section

Articles

Most read articles by the same author(s)