PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE NUMBERED HEADS TOGETHER (NHT) UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA PADA MATERI OPERASI HITUNG BENTUK ALJABAR DI KELAS VIIIA SMP NEGERI 2 SINDUE

Authors

  • Megawati Risky M. Djamali
  • I Nyoman Murdiana Universitas Tadulako
  • Evie Awuy Universitas Tadulako

DOI:

https://doi.org/10.22487/aksioma.v6i2.156

Abstract

Abstrak: Tujuan penelitian ini yaitu  mendeskripsikan penerapan  model pembelajaran kooperatif tipe Numbered Heads Together (NHT) pada materi operasi hitung bentuk aljabar di kelas VIIIA SMP Negeri 2 Sindue. Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas yang mengacu pada model Kemmis dan  Mc. Taggart. Penelitian dilakukan dalam dua siklus, subjek penelitian adalah seluruh siswa kelas VIIIA SMP Negeri 2 Sindue sebanyak 21 orang serta  informan yang dipilih pada penelitian  ini sebanyak 3 orang dengan tingkat kemampuan yang berbeda. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan model pembelajaran kooperatif tipe NHT pada materi operasi hitung bentuk aljabar dapat meningkatkan hasil belajar siswa kelas VIIIA SMP Negeri 2 Sindue, yaitu dengan mengikuti fase-fase sebagai berikut: 1) menyampaikan tujuan dan memotivasi siswa, guru menyampaikan tujuan pembelajaran kemudian memberikan apersepsi dengan mengingatkan materi yang dipelajari sebelumnya, dan memotivasi siswa untuk semangat serta terlibat aktif dalam pembelajaran, 2) menyajikan informasi, guru mendeskripsikan secara singkat mengenai fase-fase model pembelajaran kooperatif tipe NHT dan menyampaikan pokok-pokok materi pelajaran dengan tanya jawab,  3) penomoran, guru mengarahkan siswa untuk bergabung dalam kelompoknya, membagikan nomor dan meminta siswa duduk berdasarkan urutan nomor dalam kelompoknya, 4) pengajuan pertanyaan, guru membagikan bahan ajar dan LKS  pada masing-masing kelompok,  5) berpikir bersama, guru meminta siswa mengerjakan LKS secara berkelompok untuk memperoleh jawaban yang tepat, 6) pemberian jawaban/evaluasi, siswa yang nomornya diperoleh dari hasil pengundian berdiri di kelompoknya dan maju mempresentasikan hasil kerja kelompoknya, siswa yang bernomor sama menanggapi jawaban yang dipresentasikan, dan 7) pemberian penghargaan, guru memberikan penghargaan kepada kelompok dalam bentuk tepuk tangan dan pujian.

Kata Kunci: Pembelajaran Kooperatif  Tipe NHT, Hasil Belajar, Operasi Hitung Bentuk Aljabar.

Abstract: The objectives of this research is to obtain the description about application of cooperative learning of Numbered Heads Together (NHT) of Operation Arithmetic Algebraic form to Improve Student’s Learning outcomes in class VIIIA SMP Negeri 2 Sindue. This research is classroom action research that refers to Kemmis’ and Mc.Taggart’s research design. This research consist of two cycles. The subjects of this research is all students of class VIIIA SMP Negeri 2 Sindue at least 21 people and informants selected in this study as many as three people with different ability levels. The results of the research showed that the application of cooperative learning type NHT of Operation Arithmetic Algebraic form can improve student’s learning outcomes in grade VIIIA SMP Negeri 2 Sindue with following the phases, those are: 1) conveying the learning objective and motivating, teachers verbally conveying learning objectives,  giving apperception with reminding items learned previously and motivate students to get excited and be actively involved in learning, 2) presenting information, teachers describe briefly about the phases of cooperative learning type NHT and conveying specifics of lesson items with question and answer, 3) numbering, teachers instructing student to merge into its group, alloting number and ask the student sit pursuant to number sequence in its group, 4) questioning, teachers distribute teaching materials and LKS in each group, 5) heads together, teachers asking the students to do LKS as teaming to get the right answer 6) answering/evaluating, students whose number obtained from the lottery raised his hand and presented the group's work forward, student which have same number receive to presented answer and 7) giving appreciation, teacher give the appreciation to group in the form of applause and praise.

Keywords: Cooperative Learning of  NHT, Learning Outcomes, Operation Arithmetic Algebraic form.

Downloads

Published

2017-09-24

How to Cite

Megawati Risky M. Djamali, I Nyoman Murdiana, & Evie Awuy. (2017). PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE NUMBERED HEADS TOGETHER (NHT) UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA PADA MATERI OPERASI HITUNG BENTUK ALJABAR DI KELAS VIIIA SMP NEGERI 2 SINDUE. Aksioma, 6(2), 211–225. https://doi.org/10.22487/aksioma.v6i2.156

Issue

Section

Articles

Most read articles by the same author(s)