MODEL PEMBELAJARAN SERVIS BAWAH BOLA VOLI UNTUK USIA SMP

Authors

  • Didik Purwanto Universitas Negeri Makassar
  • Addriana Bulu Baan Universitas Negeri Makassar

DOI:

https://doi.org/10.22487/tjsspe.v10i1.2180

Keywords:

Pengembangan, servis bawah, SMP, Bola Voli

Abstract

Semakin berkembangnya ilmu pengetahuan yang mengharuskan guru untuk senantiasa mengemabngkan model pembelajaran yang dilakukan. Penelitian yang dilakukan adalah penelitian pengemabangan dan penerapan model servis bawah bola voli untuk usia sekolah menengah pertama dan mengetahui efektivitas, efisiensi serta daya tarik anak terhadap model yang dibuat. Penelitian ini menggunakan metode penelitian pengembangan Research & Development (R & D) dari Borg and Gall. Subyek dalam penelitian dan pengembangan ini adalah siswa-siswi SMP yang terdiri dari 40 anak. Instrumen dalam penelitian ini adalah angket, kuisioner, serta instrumen test servis bola voli, tahapan penelitian yang dilakukan terdiri dari (1) analisis kebutuhan, (2) evaluasi ahli (evaluasi produk awal); (3) ujioba terbatas (ujicoba kelompok kecil); dan (4) ujicoba utama (field testing). Uji efektifitas model menggunakan tes servis bawah untuk mengetahui tingkat kemampuan servis bawah bola voli baik saat free test dan post test Hasil penelitian setelah dilakukan preoses treatmen dan pengembangan terhadap model pembelajaran servbis bawah ditemukan peningkatan kemampuan siervis bawah siswa yakni nilai free test secara rata-rata sebesar 2632 < skor tes post test, dari hasil tersebut mengindikasikan bahwa pengembangan model pembelajaran servis bawah siswa maka disimpulkan, (1) Dengan model pembelajaran servis bawah bola voli untuk usia SMP dapat dikembangkan dan diterapkan dalam pembelajaran pendidikan jasmani di sekolah (2) Dengan model pembelajaran servis bawah

References

Barbara L Viera & Bonnie Jill Ferguson. 2010. Volleyball Step to Succes Second Edition. Canada: Human Kinetics.

Borg. W. R & Gall. M. D. 1983. Educational Research An Introduction. New York: Longman.

Decaprio, Richard. 2013. Aplikasi Teori Pembelajaran Motorik di Sekolah. Jogjakarta: Diva Press.

Husdarta. 2011. Manajemen Pendidikan Jasmani. Bandung: Alfabeta.

Jim Lavin. 2008. Creative Approaches to Physical Education Helping Children to Achieve Their True Potensial. Canada: Routledge.

Kadir. 2010. Statistik Untuk Penelitian Ilmu-Ilmu Sosial, Jakarta: Resamata Sampurna.

Kemenegpora. 2011. Undang-Undang Republik Indonesia Nomor 3 Tahun 2005 Tentang Sistem Keolahragaan Nasional. Jakarta: Kemenegpora.

Muhajir. 2007. Pendidikan Jasmani Olahraga & Kesehatan, Bandung: Ghalia Indonesia Printing.

Papageorgiou, Athanasious. 2002. Volleyball a Handbook for Choach and Player. USA: Meyer and Meyer Sport.

Reynaud, Cecile. 2015. The Volleyball Coaching Bible Volume II. American Volleyball Coaches Association: Human Kinetics.

Sugiyono. 2013. Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R & D. Bandung: Alfabeta.

Sukmadinata. 2005. Metode Penelitian Pendidikan, Jakarta: PPs UPI dan PT Remaja Rosdakarya.

Downloads

Published

2022-06-30

How to Cite

Didik Purwanto, & Addriana Bulu Baan. (2022). MODEL PEMBELAJARAN SERVIS BAWAH BOLA VOLI UNTUK USIA SMP. Tadulako Journal Sport Sciences And Physical Education, 10(1), 18–27. https://doi.org/10.22487/tjsspe.v10i1.2180

Issue

Section

Articles