PERSEPSI MEMBER FITNESS TERHADAP PROGRAM LATIHAN KEBUGARAN DI THOR GYM PALU

Authors

  • Sarlina Hamzah Universitas Tadulako
  • Addriana Bulu Baan

DOI:

https://doi.org/10.22487/tjsspe.v9i2.1525

Keywords:

Survey, Persepsi, Member, Fitnes, Gym, Program Latihan

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui Persepsi Member Fitnes Terhadap Program Latihan Kebugaran di Thor Gym Palu, Metode penelitian yang digunakan adalah metode Survei pada Persepsi Member Fitnes Terhadap Program Latihan Kebugaran. Populasi pada penelitian ini adalah member Fitness Thor Gym Palu yang berjumlah 126 orang. Sampel yang diambil sebanyak 50 member Fitness Thor Gym Palu. Berdasarkan hasil analisis dari Persepsi Member Fitness Terhadap Program Latihan Kebugaran di Thor Gym Palu bahwa penulis menyimpukan bahwa hasil dari data yang dapat disimpulkan yaitu berada pada kategori setuju, dibuktikan dengan hasil kategori sangat setuju 6 atau 12%, frekuensi dengan kategori setuju 5 atau 10%, frekuensi dengan kategori kurang setuju 17 atau 34%, frekuensi dengan kategori tidak  kurang 17 atau 34%, dan frekuensi dengan kategori sangat tidak setuju 5 atau 10%. (Sehingga kesimpulan dari hasil yang di ambil yaitu kategori setuju karena dilihat dari intervalnya dimana dapat dilihat  pada interval 102.17  sampai dengan 94.64. Demikian ditarik kesimpulan persepsi member fitnes terhadap program latihan kebugaran di Thor Gym Palu secara keseluruhan adalah setuju).

References

Arikunto, S. 2006. Metode Penelitian Kualitatif. Jakarta: Bumi Aksara

Djoko Pekik Irianto.(2002). Dasar Kepelatihan. Yogyakarta : FIK UNY

Eko Hermawan . (2011). “Presepsi Pelaku Olahraga terhadap Prinsip Prinsip Latihan ’’ Skripsi. Yogyakarta: FIK UNY.

Elkan, M. (2017). Prinsip-prinsip latihan dalam olahraga. [Online]. Diakses dari https://sports-coaching-indonesia. blogspot.com/2017/07/prinsip-prinsip-latihan-dalam-olahraga.html?m=1

Gulo. 2010. Metodologi Penelitian. Jakarta : Grasindo

Hamada. (2014). Motivasi Para Peserta Senam Aerobic Di Pusat Kebugaran Jasmani Di Tinjau Dari Segi Usia Dan Jenis Kelamin. [Online]. Diakses pada http://repository.upi.edu/11228/4/S_PJKR_0900174_Chapter1.

Hanurawan, F. (2010). Psikologi Sosial Suatu Pengantar. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.

Hanurawan, Fatah. 2010. Psikologi Sosial Suatu Pengantar, Bandung: PT.Remaja Rosdakarya.

J. Setiadi, Nugroho. (2015). Perilaku Kon-sumen. Jakarta: Kencana Prenada Media Group

Komala, A &Hardianyah, M. (2014). “Memilih Pusat Keugaran Fitness”. (Online), http://infonitas.com/apartemen/2014/06/04/memilih-pusat-kebugaran-fitnes/, diakses 05 Oktober 2015

Kotler dan Keller (2009). Manajemen Pemasaran. Jilid 1. Edisi ke 13. Jakarta: Erlangg.

Millah, H. (2019). Pengertian latihan dalam olahraga. [Online]. Diakses dari https://penjas.unsil.ac.id/2019/05/pengertian-latihan-dalam-olahraga/

Muhajir. (2006). Pendidikan Jasmani Teori dan Peraktik 1. Jakarta: Erlangga.

Muttaqin, A. (2016). Motivasi member fitness center dalam melakukan latihan kebugaran jasmani. Jurnal Ilmiah Mahasiswa Pendidikan Jasmani, Kesehatan dan Rekreasi Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Unsyiah. Volume 2. Nomor 2 : 100 – 113.

Nadi, S. (2013). Hakikat kebugaran jasmani. [Online]. Diakses dari https://materipenjasorkes.blogspot.com/2013/11/hakikat-kebugaran-jasmani.html#:~:text=Kebugaran%20jasmani%20adalah%20kesanggupan%20dan,tenaga%20untuk%20melakukan%20kegiatan%20lainnya.

Pyke, D. A. (2013). Diabetic Ketosis and Coma, J Clin Path.

Rai, A. Dkk (2006). Gaya Hidup Sehat Fitness dan Binaraga. Jakarta: Tabloid Bola

Rusli Lutan, dkk. (2001). Pendidikan Ke-bugaran Jasmani: Orientasi Pem-binaan Disepanjang Hayat. Jakarta: Depdiknas.

Sarwono, W.S. (2010). Pengantar Psikologi Umum. Jakarta: Rajawali Pers.

Schiffman, Leon.G. dan Leslie Lazar Kanuk. (2007). Perilaku Konsumen. Edisi Ke-7. Diterjemahkan oleh Zoelkifli Kasip. PT. Indeks, Jakarta.

Sugiyono. (2012). Metode penelitian kualitatif, kuantitatif dan R & D. Bandung: Alfabeta

Sugiyono. (2017). Metode penelitian kualitatif, kuantitatif dan R & D. Bandung: Alfabeta

Sukardi. (2003). Metodologi Penelitian Pendidikan Kompetensi dan Prakteknya. Jakarta: Bumi Aksara.

Triyono. (2018). Persepsi peserta didik sekolah menengah atas terhadap pendidikan lanjutan. Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran. Volume 3. Nomor 1 : 70 – 77

Downloads

Published

2021-12-31

How to Cite

Sarlina Hamzah, & Bulu Baan, A. (2021). PERSEPSI MEMBER FITNESS TERHADAP PROGRAM LATIHAN KEBUGARAN DI THOR GYM PALU. Tadulako Journal Sport Sciences And Physical Education, 9(2), 80–90. https://doi.org/10.22487/tjsspe.v9i2.1525

Issue

Section

Articles