PEMANFAATAN MEDIA TEKNOLOGI PEMBELAJARAN JARAK JAUH OLEH GURU PENJASKES DI SEKOLAH
DOI:
https://doi.org/10.22487/tjsspe.v9i2.1524Keywords:
Pemanfaatan, Media, Jarak Jauh, PembelajaranAbstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana pemanfaatan media teknologi pembelajaran jarak jauh oleh guru dalam pembelajaran pendidikan jasmani kesehatan dan rekreasi Se kecamatan Sojol. Penelitian ini menggunakan metode deskriptif kualitatif. Sampel yang akan diambil pada penelitian ini adalah sebanyak 5 subjek, yang akan di ambil oleh peneliti. Berdasarkan hasil penelitian diketahui bahwa dari 5 guru pendidikan jasmani olahraga dan Kesehatan, ada total sebanyak 5 guru dari masing-masing sekolah di se Kecamatan Sojol yang telah menggunakan atau memanfaatkan internet sebagai penunjang pembelajarannya selama disekolah. Diketahui hasil penelitian dan pembahasan, maka dapat disimpulkan bahwa Pemanfaatan Media Teknologi Pembelajaran Jarak Jauh oleh Guru Pendidikan Jasmani dan Kesehatan di Sekolah Se Kecamatan Sojol Kabupaten Donggala masuk dalam kategori tinggi adalah sebanyak 3 guru atau sebesar 60%, sedang 1 guru atau sebesar 20%, dan kategori rendah 1 guru atau sebesar 20%. Maka dari hasil tersebut dapat disimpulkan bahwa tingkat pemanfaatan Media Teknologi Pembelajaran Jarak Jauh Oleh Guru Pendidikan Jasmani Olahraga dan Kesehatan Di Sekolah Se Kecamatan Sojol Kabupaten Donggala dalam kategori tinggi dengan presentase sebesar 60%.
References
Ahmadi & Hermawan. (2013). E-Business & E-Commerce. Yogyakarta: Andi.
Anggara, A. (2017). Pengaruh Komunikasi Dan Kompetensi Profesional Terhadap Mutu Layanan Pembelajaran Penjaskes. Syntax Literate ; Jurnal Ilmiah Indonesia; Vol 2 No 1 (2017): Syntax Literate; Jurnal Ilmiah Indonesia. http://jurnal.syntaxliterate.co.id/index.php/syntax-literate/article/view?path=
Andreas Purnomo Dewo. (2011). Pemanfaa- tan Internet Sebagai Referensi Pem- belajaran Pendidikan Jasmani Olahraga dan Kesehatan Oleh Guru Pendidikan Jasmani Sekolah Menen- gah Atas Negeri Se Kabupaten Purbalingga. Skripsi. Yogyakarta: Universitas Negeri Yogyakarta.
Arikunto, Suharsimi. (2013). Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik. Jakarta: PT Rineka Cipta.
Azhar Susanto, (2013). Pengenalan Teknologi Informasi. Yogyakarta: Penerbit C.V Andi Offset.
Muttaqin, T., & Kurniawan, K. (2021). Pemanfaatan Media Sosial WhatsApp sebagai Media Pembelajaran Kelas VI A dan B di MI Miftahul Huda Jatisari Krenceng
Kepung Kediri Tahun Pelajaran 2020/2021. SALIMIYA : Jurnal Studi Ilmu Keagamaan Islam, 2(1), 98–125.
Rubiyanto. (2010). Pemanfaatan Internet Sebagai Sumber Belajar Mahasiswa FIK UNY Angkatan 2007. Skripsi. Yogyakarta: Universitas Negeri Yog- yakarta.
Sugiyono. (2013). Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatif dan R & D. Bandung: Alfabeta.
Wahrini, R., & Hasbi. (2021). Pemanfaatan Video Pembelajaran Dan Search Engine Sebagai Media Pembelajaran Kesehatan dan Keselamatan Kerja (K3) Siswa SMK. Jurnal Literasi Digital, 1(3), 155–162.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2021 Humaedi
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.