PENGARUH LATIHAN DUMBBELL TERHADAP KEMAMPUAN SERVIS ATAS DALAM PERMAINAN BOLA VOLI PADA SISWA SMP NEGERI 2 TOMINI

Authors

  • Hendra Iskandar Universitas Tadulako
  • Moh Wirno Universitas Tadulako

DOI:

https://doi.org/10.22487/tjsspe.v9i2.1523

Keywords:

Latihan, Dumbbell, Servis Atas, Bola Voli

Abstract

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh latihan dumbbell terhadap kemampuan servis atas dalam permainan bola voli pada eksrakulikuler siswa putra kelas VIII Smp Negeri 2 Tomini. Permasalahan yang ingin dikaji adalah Apakah ada pengaruh latihan dumbbell terhadap kemampuan servis atas dalam permainan bola voli pada ekstrakulikuler siswa putra kelas VIII Smp Negeri 2 Tomini?. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian adalah metode ekseprimen dengan metode pengambilan sampel adalah total sampling Populasi dalam penelitian ini adalah siswa putra ekstrakulikuler bola voli Smp Negeri 2 Tomini yang secara total sampling dipilih.Sampel sebanyak 16 orang siswa putra kelas VIII Smp Negeri 2 Tomini. Teknik analisis data yang digunakan adalah uji Kolmogorof – Sminorv. Hasil penelitian menunjukan terdapat pengaruh latihan dumbbell terhadap kemampuan servis atas dalam permainan bola voli pada ekstrakulikuler siswa putra kelas VIII Smp Negeri 2 Tomini hal ini dibuktikan oleh hasil uji – t di peroleh t  hitung  sebesar 10.318 > 2,131 (t-tabel) dan besar nilai signifikansi probability 0,000 < 0,05 maka Ho ditolak dan Ha diterima.artinya t-hitung lebih besar dari pada t-tabel yaitu 10.318 > 2.131.Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh latihan dumbbell terhadap kemampuan servis atas dalam permainan bola voli pada ekstrakulikuler siswa putra kelas VIII Smp Negeri 2 Tomini.

References

Ahmadi, N. (2007). Panduan Olahraga BolaVoli. Surakarta: Era Pustaka Utama.

Amung Ma’mum & Toto Subroto.(2001). Pendekatan Keterampilan Taktis Dalam Permainan Bola voli Konsep & Metode Pembelajaran .Jakarta: Depdiknas.

Arikunto Suhararsimi. (1996) Prosedur penelitian suatu pedekatan praktek. Jakarta : PT. Rineka Cibta

Bompa, T.O,Haff, G.G, (2009). Perioddization, Theory and Methodology of Training 5thEd. Dubuque, IOWA: Kendall/Hunt Publishing Company.

Bompa, Tudor O. (1986) Theory and Methodology of Training. Canada: Kendall/Hunt Publishing Company.

Harsono, (1988).Coaching dan Aspek–aspek dalam coaching. Jakarta : CV. Tambak Kusuma.

Hadi Sutrisno. (1989). Metedologi research, Yogyakarta: Fakultas Psikologi UGM Jilid I Cetakan ke XI.

M. Yunus (1992). Olahraga Pilihan Bola Voli. Depdikbud, Dikti.FIK.UNY.

Nurhasan. (2011). Tes dan Pengukuran Pendidikan Olahraga. Fakultas pendidikan olahraga dan kesehatan. Universitas Pendidikan Indonesia.

PBVSI.(2005). Peraturan Permainan bola voli. Jakarta: PP. PBVSI.

Sajoto, M (1988). Pembinaan Kondisi Fisik dan Olahraga. Jakarta: Depdikbud.

Suharsimi Arikunto. (2006). Prosedur penelitian suatu pendekatan praktek. Jakarta: PT Rineka Cipta.

Sugiono. (2009) Metode penelitian kuantitatif kualitatif dan R & D. Bandung.

Sukadiyanto. (2011). Pengantar teori dan metodologi Melatih Fisik. Yogyakarta: FIK UNY.

Downloads

Published

2021-12-31

How to Cite

Hendra Iskandar, & Moh Wirno. (2021). PENGARUH LATIHAN DUMBBELL TERHADAP KEMAMPUAN SERVIS ATAS DALAM PERMAINAN BOLA VOLI PADA SISWA SMP NEGERI 2 TOMINI. Tadulako Journal Sport Sciences And Physical Education, 9(2), 63–69. https://doi.org/10.22487/tjsspe.v9i2.1523

Issue

Section

Articles