KENDALA SISWI SMK NEGERI 1 TOLITOLI DALAM MENGIKUTI PEMBELAJARAN PENJASORKES

Authors

  • Muhammad Ismail
  • Mohammad Hidayat H. Makatu Universitas Tadulako

DOI:

https://doi.org/10.22487/tjsspe.v9i2.1521

Keywords:

Kendala belajar, SMK, Penjasorkes, Siswi

Abstract

Tujuan dari penelitian ini untuk mengetahui seberapa besar kendala siswi SMK Negeri 1 Tolitoli dalam mengikuti pembelajaran penjasorkes. Penelitian ini menggunakan metode survei yang jenis penelitiannya menggunakan deskriptif kualitatif , kemudian dilakukan uji coba instrumen untuk mengetahui validitas menggunakan uji kelompok kecil di SMK Negeri 2 Tolitoli yang hasilnya diolah dengan bantuan Microsoft Excel dan SPSS. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini adalah dalam bentuk angket yang berisikan pernyataan dan pernyataan tersebut ada 2 faktor yaitu faktor internal dan faktor eksternal. Sampel penelitian berjumlah 70 siswi SMK Negeri 1 Tolitoli. Teknik analisis data yang digunakan adalah analisis deskriptif presentase. Hasil penelitian menunjukkan Kendala Siswi SMK Negeri 1 Tolitoli Dalam Mengikuti Pembelajaran Penjasorkes berada pada kategori “sangat rendah” sebesar 2,8% (2 siswi), “rendah” sebesar 25,7% (18 siswi), “sedang” sebesar 35,7% (25 siswi), “tinggi” sebesar 27,1% (19 siswi), dan “sangat tinggi” sebesar 8,6% (6 siswi). Maka dapat ditarik simpulkan bahwa Kendala Siswi SMK Negeri 1 Tolitoli Dalam Mengikuti Pembelajaran Penjasorkes dikategorikan “sedang”, itu diperoleh dari presentasi sebesar 35,7%

References

Ahmad, Susanto. 2013. Teori Belajar dan Pembelajaran di Sekolah Dasar. Jakarta: Kencana Prenada Media Group.

Amir, Nyak. 2006. Pembelajaran Pendidikan Jasmani Konsep dan praktik. Aceh: University Press.

Anas Sudijono. 2006. Pengantar Statistik Pendidikan. Jakarta: PT. Raja Grafindo Persada.

Andi Prastowo. 2011. Metode penelitian Kualitatif dalam Perspektif Rancangan Penelitian. Jogjakarta: Ar-Ruzz Media.

Arikunto, S. 2013. Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik. Edisi Revisi. Jakarta: PT. Rineka Cipta

Arikunto, S. 2010. Prosedur Penelitian suatu pendekatan Praktik. Jakarta: Rineka Cipta.

Arikunto, S. 2006. Metode Penelitian Kualitatif. Jakarta: Bumi Aksara Azwar, Saifuddin. 2016. Metode penelitian. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Badan Standar Pendidikan Nasional. 2007. Kekuasaan dan Penguasaan Sumberdaya Alam Studi Kasus Penambangan Timah di Bangka. Jakarta: Indonesia center for sustainable development.

Departemen Pendidikan Indonesia. 2008. Kamus Besar Bahasa Indonesia. Jakarta. Balai Pustaka.

Depdiknas. 2003. Undang-undang RI No.20 tahun 2003. Tentang sitem pendidikan nasional.

Cholid Narbuko, H. Ab Achmad. 2015. Metodologi Penelitian. Jakarta: Bumi Aksara.

Dwi Siswoyo. Dkk. 2008. Ilmu pendidikan, Yogyakarta: UNY Press.

Djamarah, Syaiful Bahri. Dan Aswan Zain. 2010. Strategi Belajar Mengajar. Jakarta: Rineka Cipta.

Hanfiah, dan Cucu Suhana. 2009. Konsep Strategi Pembelajaran. Bandung: PT. RefikaAditama.

Jakbar, aidil. 2019. Tingkat Kebugaran Jasmai Siswa Putri Madrasah Aliyah Negeri I Padang. UNF: Jurnal Pendidikan dan Olahraga Vol 2 No.2 Program Studi Penjasorkes FIK UNP 2019.

Muhibbin, Syah. 2008. Psikologi Pendidikan. Bandung: Remaja Rosdakarya. Oemar, Hamalik. 2010. Proses Belajar Mengajar. Jakarta: PT. Bumi Aksara. Oemar, Hamalik. 2011. Proses Belajar Mengajar. Jakarta. PT. Bumi Aksara.

Peraturan Materi Pendidikan Nasional. 2006. Standar Isi Untuk Satuan Pendidikan Dasar dan Menengah. Peraturan Mentri Pendididkan Nasional RI.

Purwanto, Ngalim. 2007. Psikologi Pendidikan Remaja. Bandung: Rosdakarya. Rusman. 2011. Metode - Metode Pembelajaran : Mengembangkan Profesionalisme Guru. Jakarta: Rajawali Pers.

Saputra, Aditya H. 2015. Analisis Kesulitan dalam Pembelajaran Penjas Kelas Inklusi se-Kecamatan Mlati. Yogyakarta: Fakultas Ilmu Keolahragaan.

Slameto. 2010. Belajar dan Faktor-Faktor yang Mempengaruhinya. Jakarta: PT. Rineka Cipta.

Sugihartono, dkk. 2007. Psikologi Pendidikan. Yogyakarta: UNY Pers. Sugiyono. 2017. Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R&D. Bandung: Alfabet, CV.

Sugiyono. 2016. Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitataf dan R&D. Bandung: Alfabet, CV.

Sugiyono. 2015. Metode penelitian kuantitatif, Kualitatif dan R&D. Bandung: Alfabet, CV.

Tri Ani Hastuti. 2008. Konstribusi Ekstrakurikuler Bolabasket Terhadap Pembibitan Atlet dan Peningkatan Kesegaran Jasmani. Jurnal Pendidikan Jasmani (Nomor 1 tahun 2008). Hlm. 62.

Wina, Sanjaya. 2010. Strategi Pembelajaran Berorientasi Standar Proses Pendidikan. Jakarta: Prenada Media Group.

Yusuf, Jasica W. 2017. Identifikasi tentang Hambatan dalam Pelaksanaan Pembelajaran Penjasorkes di Sekolah Dasar se-Kecamatan Mertoyudan Kabupaten Magelang.

Downloads

Published

2021-12-31

How to Cite

Ismail, M. ., & Mohammad Hidayat H. Makatu. (2021). KENDALA SISWI SMK NEGERI 1 TOLITOLI DALAM MENGIKUTI PEMBELAJARAN PENJASORKES. Tadulako Journal Sport Sciences And Physical Education, 9(2), 45–53. https://doi.org/10.22487/tjsspe.v9i2.1521

Issue

Section

Articles