PERBANDINGAN HASIL BELAJAR SEPAK BOLA SISWA MELALUI MEDIA VIDEO DENGAN PRAKTIK LANGSUNG

Authors

  • Jumain Universitas Tadulako
  • Andrie Universitas Tadulako

DOI:

https://doi.org/10.22487/tjsspe.v9i2.1520

Keywords:

Hasil Belajar, Media Pembelajaran, Sepak Bola, Siswa, SMP

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hasil belajar siswa yang belajar dengan menggunakan media video, praktik langsung pada materi pelajaran bermain sepakbola serta untuk membandingkan hasil belajar siswa antara yang belajar dengan media video dengan praktik langsung pada materi pelajaran bermain sepak bola. Populasi dalam penelitian ini siswa laki-laki kelas VII di SMP Negeri 2 yang berjumlah 134 siswa yang dibagi dalam 2 kelompok A dan B. Jenis penelitian yaitu penelitian deskriptif komparatif dengan menggunakan pendekatan kuantitatif. Tehnik pengumpulan data menggunakan hasil tes belajar pada siswa yang belajar dengan cara praktik langsung dan media video. Berdasarkan hasil penelitian mengenai perbandingan hasil belajar siswa antara yang belajar melalui media video dengan praktik langsung pada materi pelajaran permainan sepakbola di SMP Negeri 2 Palu, penelitian ini dapat menarik kesimpulan bahwa terdapat perbedaan hasil belajar yang signifikan antara yang belajar melalui media video dengan praktek langsung. Hal ini ditunjukan oleh perhitungan menggunakan SPSS 24 dimana nilai sig (2 tailed) 0,003 < 0,05 berarti tolak Hₒ. Sehingga dapat ditarik kesimpulan ada perbandingan hasil belajar antara siswa yang belajar melalui media video dengan praktik langsung pada materi pelajaran permainan sepak bola.

References

Aelterman, N., Vansteenkiste, M., Van Keer, H., De Meyer, J., Van den Berghe, L., & Haerens, L. (2013). Development and evaluation of a training on need-supportive teaching in physical education: Qualitative and quantitative findings. Teaching and Teacher Education, 29(1), 64–75.

Amien, Saeful dan Lamere, F. (2010). Media Audio dan Video Untuk Pembelajaran (Online). 8.

Azhar Arsyad. (2011). Media Pembelajaran. Jakarta: PT Raja Grafindo Persada.

Cokro Edi Prawiro. (2020). Studi Komparatif Metode Entropy dan Metode ROC sebagai penentu Kriteria SPK. Kreatif Industri Nusantara.

Erlina. (2012). Pengertian Pendidikan Jasmani. Pustaka Pelajar Ofiset.

Frimansyah, H. dan K. (2019). Pengertian Media Pembelajaran. Universitas Semarang.

Hartono, Soetanto, dkk. (2013). Pendidikan Jasmani (Sebuah Pengantar). Unessa University Press.

Manalu, D. L., Dwiyogo, W. D., & Heynoek, F. . (2020). Pengembangan Multimedia Interaktif Latihan Kekuatan Matakuliah Spesialisasi Kondisi Fisik Dasar Untuk Mahasiswa Pendidikan Kepelatihan Olahraga Fakultas Ilmu Keolahragaan, Sport Science and Health.

Nana sudjana. (2016). Hasil Belajar. Pustaka Belajar.

Niffa. (2014). Penelitian Tindakan Kelas (PTK) Metode Praktik Langsung.

Nurdin, I. (2019). Metodologi Penelitian Sosial. Media Sahabat Cendikia.

Prastowo, A. (2011). Panduan Kreatif Membuat Bahan Ajar Inovatif. DIVA Press.

Purwanto. (2016). Evaluasi Hasil Belajar. Pustaka Belajar.

Rafid Manjay Lubis. (2019). Penerapan Media Video Audio Visual dan Variasi Pembelajaran untuk Meningkatkan Hasil Belajar Smash Bola Voli ( Siswa SMA kelas XI Tebing Tinggi).

Rahayu. (2013). Strategi Pembelajaran Pendidikan Jasmani. Alfabeta.

Safrianto, S. B. (2013). Pengaruh Media Pembelajaran Audio Visual Terhadap Hasil Belajar Senam Roll Depan ( Siswa Kelas V MI Al-Azhar Modung Bangkalan ). 01, 222–224.

Sodikin dan Ahmad. (2010). Pengertian Sepakbola.

Subagyo Irianto. (2010). Pedoman Pelaksanaan Pengembangan Tes Kecakapan “David Lee” Untuk Sekolah Sepakbola (SSB) Kelompok Umur 14-15 Tahun. FIK UNY.

Sukmadinata. (2016). Evaluasi Hasil Belajar.

Surya dalam Mutiana Widianti. (2012). Faktor yang dapat Membentuk Proses Pengajaran yang Efektif.

Tahir, M. (2011). Pengantar Metode Penelitian Pendidikan. Makassar: Universitas Muhammadiyah Makassar.

Taufik, M. S., & Gaos, M. G. (2019). Peningkatan Hasil Belajar Dribbling Sepakbola Dengan Penggunaan Media Audio Visual. Jp.Jok (Jurnal Pendidikan Jasmani, Olahraga Dan Kesehatan), 3(1), 43–54. https://doi.org/10.33503/jp.jok.v3i1.540

Ulber, S. (2010). Metode Penelitian Sosial. PT.Refika Aditama.

Zaenal. (2015). Model-Model Media dan Strategi Pembelajaran.

Downloads

Published

2021-12-31

How to Cite

Jumain, & Andrie. (2021). PERBANDINGAN HASIL BELAJAR SEPAK BOLA SISWA MELALUI MEDIA VIDEO DENGAN PRAKTIK LANGSUNG. Tadulako Journal Sport Sciences And Physical Education, 9(2), 38–44. https://doi.org/10.22487/tjsspe.v9i2.1520

Issue

Section

Articles