KELAYAKAN MEDIA PEMBELAJARAN PHBS UNTUK PESERTA DIDIK KELAS 2 SEKOLAH DASAR PADA PEMBELAJARAN PENDIDIKAN JASMANI DI SEKOLAH DASAR

Authors

  • Yuda Febrianta Universitas Muhammadiyah Purwokerto
  • Pratik Hari Yuwono Universitas Muhammadiyah Purwokerto

DOI:

https://doi.org/10.22487/tjsspe.v9i2.1517

Keywords:

Kelayakan, Media, PHBS, Pendidikan Jasmani

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk meneliti kelayakan media pembelajaran PHBS untuk peserta didik kelas 2 sekolah dasar pada pembelajaran penjas di SD Universitas Muhammadiyah Purwokerto. Penelitian ini dilaksanakan di SD Universitas Muhammadiyah Purwokerto dengan responden sebanyak 3 orang terdiri dari 1 ahli Pendidikan jasmani, 1 ahli media, dan 1 praktisi. Metodologi penelitian yang digunakan yaitu deskriptif kuantitatif dengan menggunakan presentase. Instrument yang digunakan adalah angket. Analisis data penelitian menggunakan kategorisasi yaitu: sangat baik, baik, cukup, kurang baik, dan sangat kurang baik. Berdasarkan hasil perhitungan tabel penilaian skala nilai dari ahli materi, bahasa dan praktisi terhadap draft media buku panduan pembelajaran mencuci tangan setelah uji lapangan dimasukan dalam norma kategori. Penilaian ahli materi, media dan praktisi media buku panduan pembelajaran mencuci tangan di atas, hasil validasi ahli materi, media dan praktisi menunjukkan persentase 100%, dengan kategori “Sangat layak/sangat valid”. Hal ini terjadi karena semua indikator ada nilainya, sehingga presentase menghasilkan 100%.

References

Antony, Gunawan D. (2018). “Pengembangan media audiovisual perilaku hidup bersih dan sehat dalam pembelajaran pendidikan jasmani olahraga dan kesehatan siswa kelas II SD Negeri Genduren Purwojati Banyumas”. Fakultas Keguruan Dan Ilmu Pendidikan. Universitas Negeri Yogyakarta. Yogyakarta

Arikunto, S. (2010). Dasar-dasar Evaluasi Pendidikan. Jakarta:Bumi Aksara

Arsyad, A. (2011). Media Pembelajaran. Jakarta : Raja Grafindo persada.

Arsyad, A. (2003). Media Pembelajaran. Jakarta: Raja Grafindo persada.

Aswadi, dan Surhmawati. (2017).: Perilaku Hidup Bersih dan Sehat pada Siswa-Siswi SDK Rita pada Kecamatan Kota Komba Kabupaten Manggarai Timur Provinsi Nusa Tenggara Timur. Al-Sihah : Public Health Science Journal 9(2):187-196

Depdiknas. (2004). Kurikulum 2013. Jakarta

Depkes. (2007). Pembinaan Perilaku Hidup Bersih dan Sehat di Berbagai Tatanan. Perilaku Hidup bersih dan Sehat di Sekolah. Pusat promosi kesehatan

Fadhli, M. (2015). Pengembangan media pembelajaran berbasis video kelas IV Sekolah Dasar. jurnal dimensi pendidikan dan pembelajaran. Volume 3, nomor 1, halaman 24-29.

Hamdani. (2011). Strategi Belajar Mengajar. Bandung: Pustaka Setia

Isral, M.M. (2015). Pengembangan Media Pembelajaran Kesehatan Dengan Media Video Terhadap Tingkat Pengetahuan Perilaku Hidup Bersih Dan Sehat.

Kementerian Kesehatan RI. (2011). Panduan Perilaku Hidup Bersih dan Sehat (PHBS) Sekolah Dasar. Kementerian Kesehatan RI. Jakarta

Kementerian kesehatan RI. (2013) Mencuci Tangan Pakai Sabun. Jakarta

Mayunani, A. (2013). Perilaku Hidup Bersih dan Sehat. Jakarta: Trans Info

Purnama, D. A. H. (2016). Pengembangan Media Pembelajaran Pendidikan Jasmani Olahraga dan Kesehatan Materi Loncat Kangkang untuk Siswa Kelas XI SMK N 3 Yogyakarta

Putri Lina, H. (2016). Clean and Healty Living Behavior (PHBS) Students In Public Elementary Schools 42 Korong Gadang District Kuranji Padang. 4(1):92-103

Riduwan. (2011). Belejar Mudah Penelitian untuk Guru Karyawan dan Peneliti Pemula. Bandung: Alfabeta

Riduwan. (2013). Dasar-Dasar Statistika. Bandung: Alfabeta.

Rahyubi, H. (2014). Teori-teori Belajar dan Aplikasi Pembelajaran Motorik: Majalengka Nusa Media

Sadiman, A. S., dkk. (2009). Media Pendidikan, Pengertian dan Pemanfaatannya. Jakarta: Rajawali Pers

Samsudin. (2008). Pembelajaran Pendidikan Jasmani Olahraga dan Kesehatan SMP/MTS. Jakarta Litera

Sudjana, N, dan Rivai, A. (2005). Media Pengajaran. Bandung: Sinar Baru Algensindo.

Sudijono, A. (2011). Pengantar Evaluasi Pendidikan, Jakarta: Raja Gravindo Persada

Sugiyono. (2016). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R & D. Bandung: Alfabeta

Sukmdinata, N.S (2010). Metode Penelitian Pendidikan. Bandung: Remaja Rosdakarya

Syarifudin. (1997). Pokok-pokok Pengembangan Program Pembelajaran pendidikan jasmani. Jakarta: Departemen Pendidikan dan Kebudayaan

Triyanto. (2010). Model Pembelajaran Terpadu. Jakarta: Bumi Aksara

Downloads

Published

2021-12-31

How to Cite

Yuda Febrianta, & Pratik Hari Yuwono. (2021). KELAYAKAN MEDIA PEMBELAJARAN PHBS UNTUK PESERTA DIDIK KELAS 2 SEKOLAH DASAR PADA PEMBELAJARAN PENDIDIKAN JASMANI DI SEKOLAH DASAR. Tadulako Journal Sport Sciences And Physical Education, 9(2), 1–9. https://doi.org/10.22487/tjsspe.v9i2.1517

Issue

Section

Articles