ANALISIS TINGKAT KESEGARAN JASMANI INDONESIA DI SMP NEGERI 2 PARIGI SELATAN DAN MTs AL-KHAIRAT PARIGI SELATAN

Authors

  • Tri Murtono PJKR Universitas Tadulako
  • Cristian Kungku Universitas Tadulako
  • Nyoman Sukrawan Universitas Tadulako

DOI:

https://doi.org/10.22487/tjsspe.v10i1.1413

Abstract

Penelitian ini bertujuan Untuk mengetahui seberapa tinggi tingkat kesegaran jasmani Indonesia di SMP Negeri 2 Parigi Selatan Dan MTs Al-khairat Parigi Selatan. Pada penelitian ini, sampel yang di ambil dari populasi menggunakan purposive sampling yakni Kriteria yang digunakan dalam penelitian ini yaitu siswa putri kelas VII yang berumur 13-15 tahun di SMP Negeri 2 Parigi Selatan 15 siswa putri Dan MTs Al-khairat Parigi selatan 15 siswa putri. Jumlah sampel keseluruhan yaitu 30 siswa. Jenis penelitian ini yaitu penelitian deskriptif dengan metode survey. Teknik pengumpulan data mengggunakan tes dan pengukuran. Instrumen yang di gunakan dalam penelitian ini adalah Tes kebugaran jasmani Indonesia (TKJI) untuk anak usia 13-15 tahun. Hasil penelitian  SMP Negeri 2 Parigi Selatan  terdapat 0 siswi atau 0% dalam kategori baik sekali, terdapat 1 siswa atau 6,67% dalam kategori Baik, terdapat 13 siswa atau 86,66% dalam kategori Sedang, terdapat 1 siswa atau 6,67% dalam kategori kurang, dan terdapat 0 siswa atau 0% dalam kategori kurang sekali sedangkan untuk MTs Al-Khairat Parigi Selatan Terdapat 0 siswi atau 0% dalam kategori baik sekali, terdapat 0 siswa atau 0% dalam kategori Baik, terdapat 5 siswa atau 33,33% dalam kategori Sedang, terdapat 10 siswa atau 66,67% dalam kategori kurang, dan terdapat 0 siswa atau 0% dalam kategori kurang sekali. Maka dapat disimpulkan secara keseluruhan bahwa siswa SMP Negeri 2 Parigi Selatan dan MTs Al-khairat Parigi Selatan termasuk dalam keadaan tidak bugar.

Downloads

Published

2022-06-30

How to Cite

Tri Murtono, Cristian Kungku, & Nyoman Sukrawan. (2022). ANALISIS TINGKAT KESEGARAN JASMANI INDONESIA DI SMP NEGERI 2 PARIGI SELATAN DAN MTs AL-KHAIRAT PARIGI SELATAN. Tadulako Journal Sport Sciences And Physical Education, 10(1), 34–39. https://doi.org/10.22487/tjsspe.v10i1.1413

Issue

Section

Articles