Penggunaan Model Contextual Teaching and Learning Pada Pembelajaran Penjumlahan dan Pengurangan Bilangan Bulat di Sekolah Dasar

Authors

  • Indra Labolo Universitas Tadulako

Keywords:

CTL, Model Pembelajaran, Sekolah Dasar, Bilangan Bulat

Abstract

Pembelajaran di sekolah dasar hendaknya menggunakan banyak variasi dan model pembelajaran terlebih pada pembelajaran matematika. Salah satu model yang dapat digunakan adalah Contextual Teaching and Learning (CTL). Tujuan dari penelitian ini adalah untuk melihat peningkatan hasil belajar matematika pada materi penjumlahan dan pengurangan bilangan bulat siswa kelas IV SD Negeri 9 Mamboro. Jenis penelitian yang dilakukan adalah penelitian tindakan kelas. Subjek dalam penelitian ini sebanyak 18 orang yang terdiri dari 11 siswa laki-laki dan 7 siswa perempuan. Teknik analisis data yang dilakukan menggunakan teknik analisis data kulaitatif dan kuantitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat peningkatan hasil belajar dari setiap tahapan siklus penelitian yang dilakukan, rata-rata hasil belajar pada siklus I sebesar 58,00 sedangkan pada siklus II 70,5. Berdasarkan hasil penelitian tersebut maka dapat disimpulakn bahwa Penggunaan model contextual teaching and learning (CTL) dalam pembelajaran matematika dapat meningkatkan hasil belajar siswa kelas IV SDN 9 Mamboro pada pembelajaran penjumlahan dan pengurangan bilangan bulat.

References

Afriani, A. (2018). Pembelajaran Kontekstual (Cotextual Teaching and Learning) dan Pemahaman Konsep Siswa. Jurnal Al-Muta’aliyah, 3(1), 30–88.

Brinus, K. S. W., Makur, A. P., & Nendi, F. (2019). Pengaruh Model Pembelajaran Kontekstual terhadap Pemahaman Konsep Matematika Siswa SMP. MOSHARAFA: Jurnal Pendidikan Matematika, 8(2), 261–272.

Erwinsyah, A. (2017). Manajemen Pembelajaran Dalam Kaitannya Dengan Peningkatan Kualitas Guru. Tadbir: Jurnal Manajemen Pendidikan Islam, 5(1), 69–84.

Setyosari, P. (2014). Menciptakan Pembelajaran yang Efektif Dan Berkualitas. JINOTEP (Jurnal Inovasi Dan Teknologi Pembelajaran) Kajian Dan Riset Dalam Teknologi Pembelajaran, 1(1), 20–30. https://doi.org/10.17977/um031v1i12014p020

Suarni, E. (2019). Upaya Meningkatkan Hasil Belajar Matematika Siswa Kelas III Dengan Menggunakan Pendekatan Inkuiri Terbimbing Di SDN 05 Kota Mukomuko. IJIS Edu : Indonesian Journal of Integrated Science Education, 1(1), 63. https://doi.org/10.29300/ijisedu.v1i1.1406

Widayanti, A. (2008). Penelitian tindakan kelas. Jurnal Pendidikan Akuntansi Indonesia, VI(1), 87–93.

Downloads

Published

2021-04-30

How to Cite

Labolo, I. (2021). Penggunaan Model Contextual Teaching and Learning Pada Pembelajaran Penjumlahan dan Pengurangan Bilangan Bulat di Sekolah Dasar. Tadulako Educational Research Journal, 1(1), 41–46. Retrieved from https://jurnal.fkip.untad.ac.id/index.php/terj/article/view/875

Issue

Section

Articles