Peningkatan Hasil Belajar Dalam Pembelajaran Matematika Melalui Kooperatif Tipe Number Head Together (NHT) Pada Siswa Sekolah Dasar

Authors

  • Magfira Fitrianti Universitas Tadulako

Keywords:

NHT, Sekolah Dasar, Pembelajaran Kooperatif, Hasil belajar

Abstract

Berbagai macam pendekatan dan model pembelajaran model pembelajaran hendaknya selalu di sesuaikan dengan karakteristik peserta didik dan berbeda pada setiap jenjang mata pelajaran yang diajarkan terlbih pada mata pelajaran yang terkadang dianggap sulit seperti matematika. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk untuk melihat peningkatan hasil belajar siswa kelas IV SD Inpres Pedanda dalam menyelesaikan operasi hitung campuran bilangan cacah dalam pembelajaran matematika dengan penerapan model pembelajaran Number Head Together (NHT). Jenis penelitian yang dilakukan adalah penelitian tindakan kelas dengan 2 siklus. Subjek penelitian sebanyak 22 orang dengan rincian 7 orang laki-laki dan 15 orang perempuan. Tahapan atau prosedur penelitian dimulai dari tahap pra tindakan, tahap siklus I dan Siklus II Teknik analisis data menggunakan teknik analisis data kulaitatif dan kuantitatif. Hasil penelitian menunjukkan terdapat peningkatan dari setiap tahapan penelitian yang dilakukan. Tahap pra tindakan ketuntasan klasikal hanya sebesar 13,63% selanjutnya pada siklus I terjadi peningkatan persentase ketuntasan klasikal yakni 72,7%. Pada siklus II terjadi peningkatan yang lebih baik dengan 77,27 % siswa tuntas secara klasikal. Dari hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa model pembelajaran Number Head Together (NHT) dapat meningkatkan hasil belajar siswa kelas IV SD Inpres Pedanda dalam menyelesaikan operasi hitung campuran bilangan cacah dalam pembelajaran matematika.

References

Erbil, D. G., & Kocabaş, A. (2018). Cooperative Learning as a Democratic Learning Method. Journal of Research in Childhood Education, 32(1), 81–93. https://doi.org/10.1080/02568543.2017.1385548

Haerazi, H., May Vikasari, R., & Prayati, Z. (2019). The Use of Scientific-Based Approach in ELT Class to Improve Students’ Achievement and Classroom Interaction. Register Journal, 12(2), 157–180. https://doi.org/10.18326/rgt.v12i2.157-180

Heriyana Putri, P., Notan Tupen, S., & Taga, G. (2020). Pembelajaran Kooperatif Tipe Numbered Head Together (NHT) Materi Relasi Dan Fungsi Pada Siswa Kelas VIII SMPN3 Mauponggo. JUPIKA: JURNAL PENDIDIKAN MATEMATIKA, 3(2), 91–100. https://doi.org/10.37478/jupika.v3i2.674

Rahmah, Y., Azmin, N., & Nasir, M. (2019). Penerapan Model Pembelajaran 5e Untuk Meningkatkan Keterampilan Proses Sains Dan Sikap Ilmiah Siswa Kelas Viii Smp Negri 6 Kota Bima. ORYZA Jurnal Pendidikan Biologi, 2(2), 40–46. https://doi.org/10.33627/oz.v8i2.296

Roslianingsih, C., Ganda, N., & Karlimah. (2021). Analisis Model Number Head Together (NHT) Dalam Pembelajaran PPKN Di Sekolah Dasar. PEDADIDAKTIKA: Jurnal Ilmiah Pendidikan Guru Sekolah Dasar, 8(1), 43–50.

Sartika, D. (2016). Penerapan Model Pembelajaran Kooperative Tipe NHT Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Dalam Menyelesaikan Operasi Hitung Campuran di Kelas IV SDN 5 Bangkir Kecamatan Dampal Selatan. Universitas Tadulako.

Vivi Muliandari, P. T. (2019). Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Tipe NHT (Numbered Head Together) Terhadap Hasil Belajar Matematika. International Journal of Elementary Education, 3(2), 132. https://doi.org/10.23887/ijee.v3i2.18517

Vogelzang, J., & Admiraal, W. F. (2017). Classroom action research on formative assessment in a context-based chemistry course. Educational Action Research, 25(1), 155–166. https://doi.org/10.1080/09650792.2016.1177564

Widyaningtyas, H., Winarni, R., & Murwaningsih, T. (2018). Teachers’ Obstacles in Implementing Numbered Head Together in Social Science Learning. International Journal of Evaluation and Research in Education (IJERE), 7(1), 25–31.

Downloads

Published

2021-04-30

How to Cite

Fitrianti, M. . (2021). Peningkatan Hasil Belajar Dalam Pembelajaran Matematika Melalui Kooperatif Tipe Number Head Together (NHT) Pada Siswa Sekolah Dasar . Tadulako Educational Research Journal, 1(1), 32-40. Retrieved from https://jurnal.fkip.untad.ac.id/index.php/terj/article/view/874

Issue

Section

Articles